Advertisement

Pasien Covid yang Dirawat di Rumah Sakit Gunungkidul Terus Bertambah

David Kurniawan
Senin, 28 Februari 2022 - 20:42 WIB
Budi Cahyana
Pasien Covid yang Dirawat di Rumah Sakit Gunungkidul Terus Bertambah Ilustrasi tes Covid-19. - Antara/Galih Pradipta

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di Gunungkidul terus bertambah. Meski demikian, ketersediaan ruang perawatan masih diklaim cukup.

BACA JUGA: Saat Ini, 6.588 Warga Bantul Masih Positif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan pada Senin (28/2/2022) ada penambahan sebanyak 65 kasus baru. Sedangkan jumlah total kasus aktif sebanyak 1.422.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Ia menjelaskan dari kasus aktif, sebanyak 66 pasien yang dirawat di rumah sakit karena mengalami gejala sedang hingga berat.

Jumlah ini naik dibandingkan jumlah pasien pada Minggu (27/2/2022). “Kalau kemarin [Minggu] yang dirawat baru 49 pasien, tapi sekarang [kemarin] ada 66 orang,” katanya, Senin sore.

Meski ada penambahan pasien positif yang dirawat, Dewi memastikan ketersediaan ruang perawatan masih mencukupi. Total ada tujuh rumah sakit yang siap memberikan perawatan dengan jumlah total tempat tidur sebanyak 155 unit.

“Awalnya hanya 82 tempat tidur yang disediakan, tetapi berhubung ada kenaikan kasus, maka ruang perawatan juga ikut ditambah,” katanya.

Terkait dengan ruang ICU, Dewi mengakui ada empat unit terpakai dua tempat tidur. “Secara umum masih terkendali karena ruang perawatan masih memadai,” katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan upaya penanggulangan virus Corona sangat membutuhkan partisipasi dari masyarakat. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan terus memakai masker, menjaga jarak serta sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Advertisement

BACA JUGA: Tanah Kas Desa Dapat Ganti Rp95,1 Miliar dari Proyek Tol Jogja Bawen

“Tidak boleh abai karena protokol kesehatan menjadi salah satu kunci untuk memutus mata rantai persebaran virus,” katanya.

Sunaryanta mengungkapkan untuk memaksimalkan penanggulangan juga dilakukan percepatan vaksinasi. Selain terus melakukan penyisiran terhadap warga yang belum divaksin, juga memberikan vaksinasi booster bagi yang sudah menjalani suntikan vaksin dosis kedua. “Mudah-mudahan kasus Corona di Gunungkidul bisa terkendali,” katanya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat, 7 Oktober 2022

News
| Jum'at, 07 Oktober 2022, 07:09 WIB

Advertisement

alt

Satu-satunya di Kabupaten Magelang, Wisata Arung Jeram Kali Elo Terus Dikembangkan

Wisata
| Kamis, 06 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement