Advertisement

Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM Tekadkan Pemulihan Bersama saat Pandemi

Lajeng Padmaratri
Rabu, 09 Maret 2022 - 06:17 WIB
Budi Cahyana
Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM Tekadkan Pemulihan Bersama saat Pandemi Tangkapan layar acara puncak Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM, Senin (7/3/2022). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Seperti tahun lalu, kali ini FK-KMK UGM memperingati Dies Natalis ke-76 masih di tengah situasi pandemi. Diiringi sejumlah pembatasan, fakultas ini mantap dorong pemulihan bersama masyarakat.

Berbagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM telah terselenggara. Puncaknya ialah Rapat Senat Terbuka yang diselenggarakan pada Senin (7/3) di Auditorium FK-KMK UGM secara hybrid.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Dies Natalis ke-76 ini mengangkat tema Pulih Bersama, Maju Bersama. Ini merupakan cerminan tekad kita bersama untuk segera pulih dan kembali meraih kesempatan untuk maju dengan kecepatan yang lebih daripada masa sebelum pandemi," tutur Ketua Senat FK-KMK UGM Tri Wibawa pada pembukaan Rapat Senat Terbuka tersebut.

Menurutnya, dies natalis ini bisa dimaknai sebagai momentum pengembangan potensi masing-masing bidang sekaligus menggandeng pihak-pihak terkait untuk berkolaborasi dan berinovasi agar tetap unggul.

Kondisi pandemi memang memberikan dampak tersendiri bagi Tridharma perguruan tinggi khususnya FK-KMK UGM. Kendati demikian, momentum ini juga memunculkan harapan baru untuk menjalin kerja sama lintas disiplin untuk memajukan program pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Dekan FK-KMK UGM, Prof Ova Emilia, juga menyampaikan laporan kinerja dan capaian fakultas selama 2021. Menurutnya, berbagai capaian unggulan bidang penelitian dan pengembangan sudah tercapai di 2021.

Mulai dari penyelenggaraan FERCAP (Forum for Etchical Review Commitees in Asian and Western Pacific Region) di 2021, membangun kolaborasi riset lintas negara, terlibat dalam vaksin Covid-19 surveilans, uji klinik stem cell dan SARS-CoV-2 genome surveilans, hingga penerbitan publikasi ilmiah.

"Pada 2021, UGM bahkan telah merealisasikan pengadaan mesin Next-generation sequencing [NGS] NextSeq 550 untuk mendukung kinerja tim Pokja Genetik FK-KMK UGM," katanya.

Advertisement

Ia menambahkan pada 2021 FK-KMK UGM juga berhasil memenuhi target pencapaian jumlah dosen dengan jabatan guru besar sebanyak 2 orang dan lektor kepala sebanyak 7 orang.

"Semangat pulih bersama dan maju bersama dalam perhelatan dies natalis kali ini harapannya mampu menjadi motor penggerak kinerja kita di tahun-tahun mendatang," katanya.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM ini mencakup kegiatan temu alumni yang juga menggiatkan aksi bakti sosial di Lembaga Pemasyarakatan pada 30 provinsi di Indonesia, kegiatan perlombaan, ziarah dan anjangsana, family gathering, serta annual scientific meeting.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Ogah Beberkan Hasil Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal, Ini Alasannya

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement