Advertisement

Fathul Wahid Kembali Terpilih sebagai Rektor UII

Nugroho Nurcahyo
Kamis, 10 Maret 2022 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
Fathul Wahid Kembali Terpilih sebagai Rektor UII Fathul Wahid - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Fathul Wahid kembali terpilih sebagai Rektor di Universitas Islam Indonesia (UII).

BACA JUGA: Unik, Universitas Sanata Dharma Gelar 10 Kali Wisuda

Fathul Wahid menjadi rektor UII periode 2022-2026 berdasarkan Rapat Pleno Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII, Rabu (9/3/2022).

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

Panitia Pemilihan telah mengajukan tiga nama calon rektor hasil dari pemilihan oleh Senat Universitas ke Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII. Ketiga nama yang diajukan yakni Fathul Wahid, Riyanto, Ilya Fadjar Maharika. Fathul terpilih berdasarkan Ketetapan Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII Periode 2022-2026, No. 11/SK-PP/III/2022 tentang Penetapan Rektor Terpilih UII Periode 2022-2026.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor UII Periode 2022-2026, Masduki, mengatakan pemilihan Rektor UII secara umum dapat berjalan dengan lancar, seluruh tahapan pemilihan sejak di fakultas hingga Senat Universitas berlangsung dengan baik. Selain itu, keterlibatan atau partisipasi dari sivitas akademika UII cukup tinggi, yakni 85 persen di tingkat pemilih umum dan 80% di Senat.

“Saya kira yang paling penting adalah bahwa proses pemilihan Rektor kali ini lebih bernuansa kolaboratif dan mencerminkan kedewasaan para pihak seperti kontestanjuga pimpinan universitas, fakultas, badan wakaf dan seluruh sivitas akademika,” tutur Masduki melalui keterangan tertulis, Kamis (10/3/2022).

“Proses demokrasi di kampus dalam memilih pemimpin itu adalah hal yang biasa dan reguler. Kebetulan kita setiap empat tahun mendapatkan hajatan seperti ini. Hal itu kita harapkan menjadi satu tradisi yang berlangsung dengan penuh kolaboratif.”

Pemilihan Rektor UII telah melalui tahapan yang cukup panjang, dimulai sejak Oktober 2021 yang lalu. Berdasarkan aspirasi dari civitas akademika, Yayasan Badan Wakaf selaku lembaga tertinggi di UII menunjuk Fathul Wahid.

Masduki mengatakan Pilrek UII tahun ini juga telah mampu merekam berbagai gagasan selama penyelenggaraan..

Advertisement

“UII terdiri dari tiga diksi: universitas, Islam dan Indonesia. Ini suatu kombinasi unik antara tugas penyedia dan inovator ilmu pengetahuan yang universal, holistik, dengan amanah untuk meneguhkan nilai-nilai ke-Islam-an dalam rumah besar bernama Indonesia yang majemuk,” ujar Masduki.

BACA JUGA: Dies Natalis ke-76 FK-KMK UGM Tekadkan Pemulihan Bersama saat Pandemi

Dia menjelaskan sesuai dengan periodisasi masa jabatan, pada 1 Juni 2022 Rektor Terpilih akan dilantik. “Ini batas awal periode kepimpinan UII bergerak dari hasil pemilihan yang sekarang,” kata dia.

Advertisement

Masduki mengatakan tantangan pemilihan rektor selanjutnya adalah bagaimana tetap mempertahankan angka partisipasi dan memperkaya ruang-ruang untuk semua orang dapat menyampaikan gagasan sehingga bisa dijadikan modal sosial bagi pemegang estafet kepemimpinan. “Pilrek adalah ruang publik untuk menyampaikan gagasan strategis yang ditujukan untuk calon pemimpin UII,” ujar Masduki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Siaran Pers

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu, 5 Oktober 2022

News
| Rabu, 05 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement