Advertisement

Buruan! Ada Informasi Pasar Kerja di 30 Titik di Bantul

Catur Dwi Janati
Senin, 14 Maret 2022 - 22:07 WIB
Bhekti Suryani
Buruan! Ada Informasi Pasar Kerja di 30 Titik di Bantul Ilustrasi job fair - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Disnakertrans Bantul mulai mengadakan kembali kegiatan informasi pasar kerja di desa-desa. Menghadirkan langsung perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, warga dapat mengetahui secara langsung syarat-syarat yang diperkukan pada posisi yang dibutuhkan.

Kepala Disnakertrans Bantul, Istirul Widilastuti pada Senin (14/3/20222) menerangkan informasi pasar kerja merupakan kegiatan penyampaian bursa lowongan pekerjaan ke desa-desa. Para pencari kerja di desa, jadi sasaran utama program ini.

Advertisement

"Biasanya kami menggandeng perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Ada yang di Kabupaten Bantul, ada yang di luar Kabupaten Bantul. Bahkan biasanya juga perusahaan-perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia," terang Istirul.

 BACA JUGA: Korban Trading Abal-Abal Fahrenheit di DIY Capai 20 Orang, Kerugian Rp30 Miliar  

Kegiatan ini sekaligus menjadi pendampingan bagi warga yang ingin menjadi pekerja migran dengan legal. Oleh karenanya, Disnakertrans Bantul bekerja sama dengan UPT BP2MI untuk mengedukasi masyarakat syarat menjadi pekerja migran yang legal. 

"Itu juga kita undang, kita libatkan sebagai narasumber, biar masyarakat juga paham. Bahwa yang berminat untuk bekerja di luar negeri itu mekanisme dan syarat-syaratnya bisa terinformasi ke masyarajat luas. Untuk mengantisipasi masyarakat-masyarakat yang minim pengetahuan bekerja ke luar negeri sehingga mereka berangkat secara ilegal," tegasnya.

Tahun lalu, setidaknya sekitar 20 informasi pasar kerja diadakan di berbagai desa di Kabupaten Bantul.. Sementara untuk tahun 2022 rencananya kegiatan tersebut mengalami peningkatan menjadi 30 titik. "Ini rutin kita lakukan tiap tahun, harapan kami juga memberikan informasi terkait sistem aplikasi yang ada di kita, yang ada di daerah, yang ada di pusat," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement