Advertisement

Potret Kaliurang dari Atas, Bangunan-Bangunan Berjejal tapi Tetap Asri

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 26 Maret 2022 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Potret Kaliurang dari Atas, Bangunan-Bangunan Berjejal tapi Tetap Asri Kendaraan mengantre masuk ke dalam kawasan wisata Kaliurang, Sleman, Kamis (6/6/2019).-Harian Jogja - Yogi Anugrah.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Kaliurang merupakan salah satu daerah di Sleman yang terkenal karena menawarkan destinasi alam yang asri dan sejuk. Meski berada di dataran tinggi, kawasan ini sudah padat penduduk. 

Saat memasuki kawasan Wisata Kaliurang, pemandangan vila-vila tua bergaya kolonial akan langsung menyapa pengunjung. Tidak hanya vila, rumah tempat tinggal penduduk juga banyak berdiri di kawasan itu. Saat ini, hotel berbintang pun juga hadir menambah kepadatan bangunan yang ada.

Advertisement

Potret kawasan Kaliurang yang padat penduduk disajikan oleh akun Instagram @andriwiraphoto yang juga diunggah ulang oleh akun @merapi_uncover. Dari hasil jepretannya, ia berhasil memotret kondisi permukiman penduduk Kaliurang dari ketinggian.

Dari atas terlihat banyak rumah-rumah yang semakin berdesak-desakan. Keberadaannya bercampur dengan rimbunnya pepohonan yang ada di kawasan itu. "Ternyata kawasan Kaliurang sudah cukup padat ya jika diamati dari ketinggian," tulis akun tersebut dikutip Harianjogja.com, Sabtu (26/3/2022).

Ia menjelaskan bahwa kawasan wisata dan permukiman elite yang melegenda di Jogja ini memiliki jarak hanya sekitar 6 kilometer dari Gunung Merapi. Posisi tersebut tidak menyurutkan warga Kaliurang untuk berpindah ke tempat yang lebih jauh dari Merapi.

Baca juga: 15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja, Cocok Mengisi Weekendmu

Nyatanya dari hari ke hari pembangunan semakin bertambah, termasuk adanya hotel berbintang yang dibangun tidak jauh dari Objek Wisata Telaga Putri.

Dalam akun Instagramya, @andriwiraphoto juga menyebut jumlah penduduk di Kaliurang Barat sendiri pada 2021 saja sudah mencapai lebih dari 8.500 jiwa. "Oleh sebab itu pemahaman akan mitigasi bencana warga Kaliurang sudah selayaknya jauh lebih baik. Setuju kan?" tanya @andriwiraphoto menutup captionnya.

Dilansir dari Wikipedia, secara administratif Kaliurang berada di Hargobinangun, Pakem, Sleman. Lokasi di dataran tinggi kurang lebih 800-900 mdpl atau tepatnya di kaki Gunung Merapi.

Posisi itu membuat hawa di Kaliurang dingin. Tak ayal saat akhir pekan banyak warga kota yang menginap di tempat ini untuk berlibur mencari hawa segar yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Banyak objek wisata di Kaliurang. Di antaranya Telaga Putri, Goa Jepang, Museum Ulen Sentalu, Gardu Pandang, dan terbaru ada kebun binatang mini Suraloka Zoo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 10 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Google Kembali Pecat Karyawan yang Protes Proyek Kerja Sama dengan Israel

News
| Jum'at, 19 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement