Advertisement

Ruwahan Bikin Wisata Bantul Ramai di Akhir Pekan

Ujang Hasanudin
Senin, 28 Maret 2022 - 09:27 WIB
Galih Eko Kurniawan
Ruwahan Bikin Wisata Bantul Ramai di Akhir Pekan Foto ilustrasi: Wisatawan bermain dan berenang di Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata Bantul pada akhir pekan lalu meningkat di banding pekan sebelumnya. Peningkatan ini diduga karena banyak warga Bantul khususnya dan DIY pada umumnya pulang kampung untuk melaksanakan ruwahan sebelum masuk Ramadan.

Ruwahan merupakan tradisi di Jawa untuk mendoakan sanak keluarga atau tokoh yang sudah meninggal dunia dan dilakukan pada bulan Ruwah atau Syakban.

Advertisement

Kepala Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwsiata Bantul, Markus Purnomo Adi, menjelaskan berdasarkan data wisatawan selama akhir pekan atau dari 25-27 Maret ini tercatat ada 37.450 orang dengan pendapatan sebesar Rp363.797.500.

Dari jumlah tersebut sebanyak 32.672 mengunjungi Pantai Parangtritis dan sekitarnya. Selebihnya mengunjungi pantai Samas sampai Pandansimo. “Data ini naik 25,7 persen dibandingkan akhir pekan yang lalu,” kata Markus, Minggu (27/3/2022).

Data wisatawan akhir pekan lalu atau 18-20 Maret tercatat ada 29.776 orang yang datang ke Bantul. Dari jumlah tersebut pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh sebanyak Rp289.216.000.

Ipung, sapaan akrabnya mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum Ramadan atau saat ruwahan warga Bantul pulang kampung untuk nyekar sehingga memanfaatkan waktu untuk menikmati wisata alam di Bantul.

Bukan hanya warga Bantul namun juga warga dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat juga banyak. Hal itu terlihat dari nomor polisi kendaraan yang digunakan oleh wisatawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement