Advertisement

Anak Kos Merapat! Ini Daftar Masjid di Jogja yang Menyediakan Takjil Gratis

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 04 April 2022 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Anak Kos Merapat! Ini Daftar Masjid di Jogja yang Menyediakan Takjil Gratis Takjil di Masjid Jogokariyan Mantrijeron Kota Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Banyak masjid di Jogja yang menyediakan makanan buka puasa atau takjil saat Ramadan. Makanan ini dibagikan secara gratis kepada siapapun yang membutuhkan, tidak terkecuali kalangan anak-anak yang tinggal di indekos atau anak kos.

Belum lama ini akun Twitter Pojok Kamar dengan alamat @Finagstn mengunggah daftar masjid yang menyediakan takjil gratis untuk masyarakat. Bagi anak kos, terutama mereka yang uang sakunya pas-pasan, hal ini tentu menjadi kabar bahagia karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan buka puasa.

Advertisement

"[SEBUAH UTAS] DAFTAR MENU BUKA PUASA ATAU TAKJIL DI MASJID DAERAH JOGJA Buat anak kos pemburu buka puasa atau takjil gratis siapa tau butuh. Seru gais," tulis Pojok Kamar dikutip Harianjogja.com, Senin (4/4/2022). 

Akun tersebut membagikan informasi lebih dari 10 masjid yang menyediakan takjil gratis. Menariknya, tanggal serta menu takjil di setiap masjid juga disertakan.

Berikut ini daftar masjid-masjid di Jogja yang menyediakan takjil gratis selama Ramadan 2022. Informasi berdasarkan akun Twitter Pojok Kamar:

1. Masjid Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Islam Indonesia (UII) Condong Catur, Depok, Sleman

Masjid ini menyediakan menu takjil hingga satu bulan puasa Ramadan 2022. Mulai 2 April hingga 26 April, akan tersedia takjil dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Seperti takjil hari ini 4 April adalah black papper chicken rice dan wonton.

2. Masjid Nurul Ashri Deresan UNY

Masjid ini menyediakan takjil gratis mulai 2 April hingga 29 April 2022. Menu hari ini adalah Nasi telur balado.

3. Masjid Kampus UGM

Masjid Kampus UGM atau yang biasa dikenal Maskam UGM menyediakan takjil mulai 3 April hingga 2 Mei 2022. Menu hari ini, Senin (4/4/2022) adalah rendang daging.

4. Masjid Syuhada

Masjid Syuhada berada di kawasan Kotabaru. Masjid ini menyediakan takjil dengan tipe prasmanan sehingga masyarakat bisa langsung datang ke lokasi.

5. Masjid Ibnu Sina FKKMK UGM

Di masjid ini, masyarakat bisa mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran dibuka pukul 8.00 WIB hingga 12.00 WIB. Menu takjil disajikan dengan sistem take away. Masyarakat bisa mengambil takjil dan langsung pulang. Saat pengambilan, mereka harus menggunakan masker, membawa kantong plastik sendiri dan dilaksanakan mulai pukul 16.30 WIB hingga 17.30 WIB.

6. Masjid Ulil Al-Bab UII

Masyarakat yang tinggal di daerah Jalan Kaliurang bisa mendapatkan takjil di masjid ini. Pengambilan dengan sistem drive thru bisa dilakukan mulai pukul 17.00 WIB di depan masjid tersebut.

7. Masjid Jogokariyan

Masjid ini membagikan kurang lebih 3.000 porsi makanan buka puasa setiap harinya. Akan dilaksanakan mulai 2 April hingga 1 Mei 2022. Tidak hanya kalangan anak-anak kos, semua kalangan umum juga dipersilakan mengambil takjil yang disediakan di sepanjang Jalan Jogokariyan. Makanan juga disediakan untuk sahur. Adapun menu yang disajikan untuk Senin ini adalah bakmoy daging sapi.

8. Masjid Pogung Raya, Sinduadi Mlati, Sleman

Masjid ini mengadakan bebruka puasa bersama di masjid. Bagi masyarakat Pogung, mahasiswa di daerah Pogung maupun pengendara yang kebetulan lewat daerah tersebut dan belum sempat berbuka puasa bisa mampir ke Masjid Pogung Raya. Pihak masjid menegaskan bahwa tahun ini tidak ada takjil drive thru tetapi seluruh masyarakat berbuka puasa bersama di masjid.

9. Masjid Al-Fatah Kotagede

Sistem takjil tanpa kupon bisa langsung dilakukan di masjid ini. Bagi mahasiswa yang tinggal di daerah Kotagede bisa datang langsung ke lokasi.

10. Masjid Attaqwa Minomartani, Ngaglik, Sleman

Ada pembagian nasi boks gratis setelah Maghrib di masjid ini. Selain nasi boks juga ada teh dan kurma untuk berbuka puasa. Ccook bagi anak indekos atau masyarakat yang kebetulan melintas di depan masjid tersebut.

11. Masjid UIN Sunan Kalijaga

Selain pembagian makanan buka puasa juga digelar Kajian Lesehan (Free Takjil) yang dilaksanakan mulai setelah Ashar hingga menjelang buka puasa. Pembicaranya tidak hanya kaum laki-laki tetapi juga perempuan. Bagi mahasiswa sekitar Papringan, Timoho, dan sekitarnya bisa datang merapat.

12. Masjid Suciati Saliman, Sleman

Masjid milik mendiang Suciati Saliman ini menyediakan menu sahur dan buka puasa bersama. Bagi mahasiswa daerah Gito Gati Sleman bisa datang ke lokasi untuk mendapatkan makanan gratis di sini.

Itulah daftar beberapa masjid di Jogja yang menyediakan takjil untuk buka puasa. Semoga membantu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Twitter

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement