Advertisement

76 Tahun TNI AU, Upacara Peringatan Dilakukan di AAU Jogja

Lugas Subarkah
Sabtu, 09 April 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
76 Tahun TNI AU, Upacara Peringatan Dilakukan di AAU Jogja Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, berkeliling sebelum memulai upacara HUT TNI AU Ke-76, di lapangan Dirgantara, AAU, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Sabtu (9/4/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-TNI Angkatan Udara (AU) genap berusia 76 tahun pada Sabtu (9/4/2022). Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo ini digelar di Akademi Angkatan Udara (AAU), Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok.

Ditemui wartawan usai upacara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menjelaskan alasan pemilihan AAU Jogja sebagai tempat pelaksanaan HUT TNI AU, yakni karena di kota ini TNI AU lahir. “Kota Jogja adalah Kota Kelahiran TNI Angkatan Udara,” katanya.

Ia menuturkan Seiring dengan perjalanan bangsa, TNI AU telah tumbuh menjadi organisasi militer yang semakin modern dan semakin dicintai oleh rakyat. “Saya menyampaikan rasa hormat, serta apresiasi tertinggi kepada para senior dan para pendahulu, yang telah menjalankan pengabdian secara paripurna, sehingga TNI Angkatan Udara dapat berkembang,” ujarnya.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan kata dia, telah mengakibatkan disrupsi sosial hingga ekonomi yang menyentuh hampir ke seluruh lapisan masyarakat. Indonesia juga masih berhadapan dengan berbagai bencana alam seperti erupsi Gunung Semeru, bencana banjir di Jayapura, dan gempa bumi di Pasaman Barat.

Baca juga: Gepako Jogja Tidak Setuju Keturunan PKI Jadi TNI

Dari sisi eksternal, konflik antara Ukraina dan Rusia yang mempengaruhi stabilitas global dan nasional. “Di tengah berbagai ujian bangsa tersebut, TNI Angkatan Udara mampu hadir mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana alam, program vaksinasi Covid-19, mobilisasi udara untuk bantuan sosial, hingga evakuasi Warga Negara Indonesia dari Ukraina,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu memberikan penekanan bangsa Indonesia membutuhkan kedisiplinan nasional, dengan berkiblat kepada institusi TNI-Polri, untuk pulih dari dampak Pandemi Covid-19.

“Saya yakin setiap personel TNI Angkatan Udara mampu menjadi suri teladan yang baik bagi masyarakat sekitarnya. Dengan demikian, TNI Angkatan Udara dapat turut berperan dalam mendukung program pemerintah dan memulihkan perekonomian nasional, seraya menjaga keamanan wilayah udara tanah air,” kata dia.

Bibit Tanaman

Advertisement

Upacara ini juga dihadiri oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan sejumlah bibit tanaman dan seperangkat gamelan. Bibit tanaman ini akan digunakan untuk menghijaukan lingkungan pendidikan yang bernaung di bawah TNI AU.

Turut memeriahkan upacara HUT TNI AU Ke-76, sejumlah penerbang yang tergabung dalam tim The Jupiters memamerkan manuver pesawat. Satuan Operasi Pesawat Tempur TNI AU dan Dragon Flight dengan F16 Fighting Falcon turut menyemarakkan langit lapangan Dirgantara pagi itu. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejari Purwokerto Tangkap Buronan Kejati Maluku Utara

News
| Kamis, 29 September 2022, 03:37 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement