Advertisement

Wisatawan di Bantul Diprediksi Melonjak, Ini Harapan PHRI

Catur Dwi Janati
Minggu, 10 April 2022 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Wisatawan di Bantul Diprediksi Melonjak, Ini Harapan PHRI Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Jumlah wisatawan yang pelesiran di Bantul pada libur Lebaran tahun ini diprediksi melonjak signifikan.

BACA JUGA: Peringatan, Semua Ruas Jalan Utama Jogja Berpotensi Macet Saat Libur Lebaran Tahun Ini

Advertisement

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bantul Nurman Asmuni mengharapkan distribusi logistik tetap lancar di libur dan cuti Lebaran nanti.

“Dari sisi ekonomi secara keseluruhan membaik setelah dua tahun kita enggak bisa apa-apa. Sekarang masyarakat diperbolehkan untuk silaturahmi, untuk mudik,” kata dia, Sabtu (9/4/2022).

Menurut Asmuni, liburan panjang harus ditunjang dengan kelancaran logistik. Beberapa logistik pokok menurut Asmuni harus tetap berjalan untuk mendukung sektor pariwisata. “Itu dicukupi dulu selama liburan, karena 10 hari [libur Lebaran] kan tidak sedikit,” ujarnya.

Kenaikan tingkat hunian hotel belum terlihat di pekan pertama Ramadan. Lonjakan okupansi baru akan terlihat tiga sampai tujuh hari sebelum Lebaran.

Bila sepekan hingga tiga hari jelang lebaran kenaikan okupansi itu tak kunjung terlihat, lonjakan wisata yang digadang-gadang tersebut kemungkinan tidak terjadi.  

Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto memprediksi jumlah kunjungan wisatawan Lebaran tahun ini bisa menyamai kunjungan wisata seperti Lebaran sebelum pandemi.

BACA JUGA: Jogja Segera Punya Pusat Desain Industri Nasional 4 Lantai di Bekas Terminal Terban

Menurutnya, pemudik di hari raya ini akan lebih banyak berwisata karena aktivitas masyarakat sudah banyak dilonggarkan.

“Tetapi jumlah destinasi wisata juga tersebar, perkembangannya cukup banyak juga. Destinasi-destinasi baru dan tersebar di banyak daerah. Menurut saya, akan ada tambahan seperti sebelum pandemi, tapi enggak seberapa,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement