Advertisement

Peringatan, Semua Ruas Jalan Utama Jogja Berpotensi Macet Saat Libur Lebaran Tahun Ini

Sunartono
Minggu, 10 April 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Peringatan, Semua Ruas Jalan Utama Jogja Berpotensi Macet Saat Libur Lebaran Tahun Ini Kemacetan di ruas jalan pusat perbelanjaan Malioboro, Senin (18/6/2018). - Harian Jogja/Dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ditlantas Polda DIY memperkirakan kepadatan arus lalu lintas dan potensi macet bakal muncul di semua ruas jalan utama di Jogja dan wilayah DIY lainnya saat libur Lebaran 2022. Jika terjadi kemacetan hingga kendaraan sulit bergerak, arus lalu lintas akan direkayasa seperti pemberlakuan jalur searah.

BACA JUGA: Jogja Segera Punya Pusat Desain Industri Nasional 4 Lantai di Bekas Terminal Terban

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan jelang libur Lebaran, diperkirakan kepadatan terjadi di semua ruas jalan utama di wilayah DIY. Sesuai pemetaan Pemerintah Pusat, jumlah pemudik DIY tidak sebanyak pemudik provinsi lain seperti Jateng, Jabar dan Jatim. Namun, DIY merupakan wilayah perlintasan dari Jawa Tengah sehingga diperkirakan akan terjadi lonjakan arus lalu lintas, apalgi banyak tujuan wisata di DIY.

“Prediksi kami, kepadatan arus lalu lintas justru setelah Lebaran,” katanya, Minggu (10/4/2022).

Iwan Saktiadi mengatakan jika lalu lintas benar-benar macet, petugas akan memberlakukan pola pengaturan baik pengalihan maupun sistem buka tutup serta pemberlakuan jalur searah.

“Bahasanya secara umum mungkin tidak macet di semua jalur, tetapi lebih pada kepadatan. Kami bisa pastikan akan terjadi kepadatan karena yang keluar dari Jakarta sebegitu banyaknya. Setidaknya yang akan mengunjungi tempat wisata di H+ itu bisa kita perkirakan akan seperti apa kondisi Jogja nantinya. Kami membuat skenario terburuk jika sampai stuck [macet total],” katanya.

BACA JUGA: Sambut Mudik Lebaran, YIA Siap Maksimalkan Seluruh Izin Rute

“Prediksi pemerintah, 79 juta orang bergerak dari Jakarta ke kampung halaman. Mulai H+1 Lebaran kami sudah siapkan semua jajaran, khususnya lalu lintas, untuk memberikan layanan ke masyarakat saat terjadi lonjakan kunjungan masyarakat di tempat wisata,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement