Advertisement

Viral Kereta Api Lewat Depan Teras Rumah di Pengok Jogja, KAI: Sejak Zaman Belanda

Sunartono
Senin, 11 April 2022 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Viral Kereta Api Lewat Depan Teras Rumah di Pengok Jogja, KAI: Sejak Zaman Belanda Rel kereta api berdekatan dengan teras rumah warga yang berada di emplasemen Balai Yasa, Pengok, Baciro, Gondokusuman, Kota Jogja, Senin (11/4/2022). - Harian Jogja/Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Video yang memperlihatkan kereta api melaju berhimpitan dengan teras rumah warga di Pengok, Gondokusuman, Kota Jogja, viral. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan kondisi itu masih dalam taraf aman.

BACA JUGA: Meski Motor Dituntun, Nyeberang Teteg Sepur Malioboro Tetap Dilarang

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Video itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok @jooshkiiyevandesta Jumat pekan lalu. Video tersebut viral dan beberapa kali mencapai for your page (FYP) TikTok. Bahkan video tersebut diunggah sejumlah akun media sosial lain baik di Instagram maupun Twitter.

Video itu memperlihatkan kereta api dengan corak warna hijau melintas pelan di depan rumah warga. Rel yang dilalui berhimpitan dengan teras rumah warga. Selain itu, rel berada di jalan kampung, sehingga tampak pengendara motor menunggu kereta melintas. Hingga Senin (11/4/2022) video itu telah dilihat sebanyak 176.000 kali dan dikomentari lebih dari 15.400 akun.

Berdasarkan pantauan harianjogja.com di lokasi, rel kereta api tersebut berada di Jalan Mutiara, Pengok, Baciro, Kota Jogja. Rel ini berada di permukiman yang berdekatan dengan kompleks Balai Yasa yang merupakan tempat perbaikan lokomotif kereta api.

Humas PT KAI Daerah Operasi VI DIY Supriyanto mengatakan kereta api yang melintas seperti yang tampak di video viral merupakan hal biasa karena di lokasi tersebut berada di emplasemen atau kompleks tempat banyak rel kereta sekaligus untuk bongkar muat sarana dan perbaikan.

“Itu berada di emplasemen [kompleks yang terdiri dari banyak jalur rel kereta api untuk menyimpan, menyortir, atau membongkar muat sarana kereta api dan lokomotif]. Balai Yasa atau bengkel, jadi sejak zaman Belanda seperti itu,” katanya Senin (11/4/2022).

Ia memastikan kondisi tersebut tetap aman. Selain itu setiap ada kereta api yang melintas, biasanya ada petugas yang mengawal di depan

“Selama tidak ada orang menghalangi ya aman. Biasanya ada petugas langsir dan petugas yang mengawal juga. Jadi biasanya digunakan untuk langsiran ke bengkel untuk perawatan, perbaikan dan lainnya,” ucapnya.

BACA JUGA: Polisi & Warga Grebek Markas Geng BHC di Palbapang Bantul, Celurit & Pedang Ditemukan

Supriyanto mengatakan tidak ada jadwal khusus kapan kereta api lewat di depan rumah di Jogja karena perbaikan kereta api dilakukan sewaktu-waktu. “Tidak ada jadwal khusus, namanya bengkel sewaktu-waktu uji coba saja.

Sejak dahulu seperti itu karena memang dulu rumah pekerja bengkel,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kronologi Orang Terkaya RI Digugat Rp1 Triliun, Diduga Terlibat Pencucian Uang

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:07 WIB

Advertisement

alt

5 Destinasi Dekat Stasiun Lempuyangan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 12:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement