Advertisement

Pengusaha di Banguntapan Sewon dan Kasihan Bantul Diminta Pasang Kamera Pengintai

Ujang Hasanudin
Selasa, 12 April 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Pengusaha di Banguntapan Sewon dan Kasihan Bantul Diminta Pasang Kamera Pengintai Senjata tajam yang diamankan dari para terduga pelaku klithih di Bantul, Senin (29/11/2021) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mengimbau semua pengusaha yang ada di jalan protokol di Bantul untuk memasang circuit closed television (CCTV) atau kamera pengintai dan memberi lampu penerangan jalan.

BACA JUGA: Polisi: Hampir Semua Sekolah di Jogja Punya Geng Pelajar, Sebagian Brutal

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Imbauan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis untuk memudahkan pengungkapan kejahatan jalanan yang marak akhir-akhir ini.

“Kami buat surat edaran kepada masyarakat dan pengusaha yang ada di jalan jalan protokol agar dapat memasang CCTV dan lampu penerangan jalan seandainya kondisi lingkungan gelap. Pemasangan dilakukan secara mandiri,” kata Helmi, melalui sambungan telepon, Selasa (12/4/2022).

Pemasangan CCTV dan penerangan jalan dilakukan secara mandiri karena keterbatasan anggaran Pemkab Bantul. Pemasangan kamera pengintai dan penrangan jalan itu juga diutamakan di wilayah penyangga kota yang sering terjadi kejahatan jalanan seperti Banguntapan, Sewon, dan Kasihan.

Edaran itu berdasarkan kesepakatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dalam rapat yang digelar Senin (11/4/2022) lalu. Solusi mengatasi kejahatan jalanan lainnya adalah dengan melakukan penyuluhan hukum terpadu pada 18 April kepada semua kepala SMP, SMA, SMA, dan SMK, madrasah aliah (MA), maupun MTs negeri maupun swasta.

BACA JUGA: Ojol Mabuk Sambil Bawa Sajam di Jogja Ditangkap Polisi

“Nanti narasumbernya Forkompinda, bisa polisi, bisa dandim, bisa kajari, bisa ketua pengadilan negeri,” ujar Helmi. Namun karena jumlah kepala sekolah banyak, penyuluhan akan dilakukan secara luring dan daring.

Selain itu, Pemkab Bantul bersama Forkompinda atau Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) akan melakukan patroli secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Apresiasi Ganjar Pranowo terkait Penyusunan RPD dan RKPD

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement