Advertisement

Pengusaha di Banguntapan Sewon dan Kasihan Bantul Diminta Pasang Kamera Pengintai

Ujang Hasanudin
Selasa, 12 April 2022 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
Pengusaha di Banguntapan Sewon dan Kasihan Bantul Diminta Pasang Kamera Pengintai Senjata tajam yang diamankan dari para terduga pelaku klithih di Bantul, Senin (29/11/2021) - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mengimbau semua pengusaha yang ada di jalan protokol di Bantul untuk memasang circuit closed television (CCTV) atau kamera pengintai dan memberi lampu penerangan jalan.

BACA JUGA: Polisi: Hampir Semua Sekolah di Jogja Punya Geng Pelajar, Sebagian Brutal

Advertisement

Imbauan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis untuk memudahkan pengungkapan kejahatan jalanan yang marak akhir-akhir ini.

“Kami buat surat edaran kepada masyarakat dan pengusaha yang ada di jalan jalan protokol agar dapat memasang CCTV dan lampu penerangan jalan seandainya kondisi lingkungan gelap. Pemasangan dilakukan secara mandiri,” kata Helmi, melalui sambungan telepon, Selasa (12/4/2022).

Pemasangan CCTV dan penerangan jalan dilakukan secara mandiri karena keterbatasan anggaran Pemkab Bantul. Pemasangan kamera pengintai dan penrangan jalan itu juga diutamakan di wilayah penyangga kota yang sering terjadi kejahatan jalanan seperti Banguntapan, Sewon, dan Kasihan.

Edaran itu berdasarkan kesepakatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dalam rapat yang digelar Senin (11/4/2022) lalu. Solusi mengatasi kejahatan jalanan lainnya adalah dengan melakukan penyuluhan hukum terpadu pada 18 April kepada semua kepala SMP, SMA, SMA, dan SMK, madrasah aliah (MA), maupun MTs negeri maupun swasta.

BACA JUGA: Ojol Mabuk Sambil Bawa Sajam di Jogja Ditangkap Polisi

“Nanti narasumbernya Forkompinda, bisa polisi, bisa dandim, bisa kajari, bisa ketua pengadilan negeri,” ujar Helmi. Namun karena jumlah kepala sekolah banyak, penyuluhan akan dilakukan secara luring dan daring.

Selain itu, Pemkab Bantul bersama Forkompinda atau Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) akan melakukan patroli secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement