Advertisement

Mentan Pastikan Stok Pangan di Daerah Aman

Sunartono
Rabu, 13 April 2022 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mentan Pastikan Stok Pangan di Daerah Aman Pemantauan harga sejumlah bahan pokok dan sejumlah komoditas lain di Pasar Beringharjo, Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kementerian Pertanian menginstruksikan kepada jajarannya di daerah untuk memastikan kondisi stok aman. Pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian di daerah diminta untuk lebih banyak turun ke lapangan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan sebagai instansi yang berkaitan erat dengan pangan, Kementan terus bersinergi dengan berbagai pihak dalam rangka memastikan ketersediaan, kebutuhan dan harga komoditas pangan di daerah dalam kondisi aman. Oleh karena itu ia meminta jajarannya untuk turun ke lapangan melakukan pengecekan.

Advertisement

“Setiap pekan saya selalu memantau terus perkembangan stok dan harga pangan pokok. Kami meminta semua jajaran harus turun ke lapangan untuk memastikan ketersediaan pangan dalam kondisi aman cukup, sesuai dengan kebutuhan setiap daerah," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam rilis yang diterima Rabu (14/4/2022).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian Profesor Dedi Nursyamsi menyatakan dalam merespons arahan Menteri, ia telah membentuk satgas pangan nasional. Satgas ini bertugas melakukan monitoring pangan di daerah.

Baca juga: Stok Bahan Pokok Sleman untuk Idulfitri Aman, Bupati: Beli Secukupnya saja!

"Lewat satgas ini akan terus dimonitoring dan melaporkan kondisi stok dan harga pangan dari daerah. Jika ada data warna merah, harus ada penyusunan strategi dan rekomendasi penanganannya," katanya.

Salah satu Satgas Pangan bentukan Kementan di level DIY adalah Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang. Menurut Wakil Direktur I Polbangtan Sujono, data hasil dari monitoring di daerah diteruskan ke pusat. Sampai saat ini kondisi stok pangan di daerah masih dalam taraf aman.

"Data dimonitoring dan dilaporkan setiap pekan akan ditindaklanjuti oleh Kementerian Pertanian mengenai ketersediaan dan kebutuhan terutama untuk 12 bahan pokok," katanya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement