Advertisement

Penjualan Tiket Bus Mudik dan Balik ke Jogja Sudah Naik Dua Kali Lipat

Sirojul Khafid
Rabu, 13 April 2022 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Penjualan Tiket Bus Mudik dan Balik ke Jogja Sudah Naik Dua Kali Lipat Beberapa penumpang hendak berangkat di Terminal Jombor, Kamis (15/4/2021). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penjualan tiket bus untuk mudik dan balik ke Jogja dan sekitarnya meningkat dua kali lipat. Menurut salah satu pengelola Agen Travel Nol Kilometer, Pramudya, penjualan naik mulai Rabu (13/4/2022) ini.

BACA JUGA: BLT Minyak Goreng di Bantul Cair!

Advertisement

Peningkatan penjualan tiket ini berasal dari Jakarta menuju Jogja dan sekitarnya seperti Purworejo, Kebumen, Klaten, Solo, dan lainnya.

Penjualan tiket mudik diprediksi akan terus naik dalam beberapa waktu ke depan. Terlebih melihat kebiasaan penumpang yang hendak ke Jogja, yang membeli tiket mudik mendekati lebaran Idulfitri.

“Beli tiketnya kebanyakan tanggal 30 April 2022, mungkin dapat izin dari kantor setelah tanggal 30 April pagi, atau 29 April malam. Pembelian tiket baliknya malah setelah H+7 Idulfitri, bukan H+3 atau H+4,” kata Pramudya. “Sementara untuk penumpang dari sekitar Jogja biasanya sekalian beli tiket baliknya, sehingga saat ini penjualan sudah meningkat.”

Harga tiket rata-rata meningkat sebesar Rp100.000. Sebagai contoh, tiket Jakarta ke Jogja yang sebelumnya seharga Rp260.000, naik menjadi Rp360.000. Kenaikan ini untuk menutupi biaya operasional, lantaran bus hanya terisi sekali jalan.

Armada bus juga akan ditambah menjelang Lebaran. Dari yang biasanya tiga bus, saat ini tiket sudah laku dua kali lipat atau enam bus. “Tambahan armada bisa tiga kali lipat dari reguler, atau sembilan bus. Tempat duduk bus bermacam-macam, ada yang 26, 36, atau 49. Kapasitas penumpang di bus 100 persen,” katanya.

Berbeda dengan tahun lalu, penjualan tiket mudik dan balik tahun ini meningkat karena pemerintah membolehkan mudik bagi masyarakat. Tahun sebelumnya masyarakat tidak diperbolehkan mudik meski tetap saja ada yang mudik dengan naik travel gelap.

“Mereka tidak lewat agen resmi, tetapi melalui agen gelap. Mereka takut semisal memakai agen resmi syaratnya ribet. Terus akhirnya mereka pilih alternatif lain,” kata Pramudya, “Karena sekarang ini sudah boleh mudik, kebetulan harga tiket juga tidak naik signifikan, banyak penumpang yang kemudian ke agen-agen resmi.”

BACA JUGA: 95.000 Keluarga di Gunungkidul Terima BLT Migor, Ini Jadwal Penyalurannya

Sementara, Dinas Perhubungan Kota Jogja masih membahas detail teknisnya peraturan perjalanan mudik dan balik

“Masih dalam pembahasan internal terkait mekanisme mudik dan balik,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja, Windarto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement