Advertisement

Selamat! Mobil Formula Bertenaga Listrik Buatan Mahasiswa UGM Juarai Event Internasional

Lugas Subarkah
Kamis, 14 April 2022 - 14:57 WIB
Bhekti Suryani
Selamat! Mobil Formula Bertenaga Listrik Buatan Mahasiswa UGM Juarai Event Internasional Tim Yacandara UGM berfoto usai pengumuman hasil pemenang FESC IIMS, beberapa waktu lalu - Ist Humas UGM

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Mobil formula tenaga listrik karya mahasiswa UGM berhasil menyabet dua gelar juara dalam ajang Formula Electric Student Championship Indonesia International Motor Show (FESC IIMS) 2022. Mobil yang dibawa oleh Tim Yacaranda UGM tersebut berhasil meraih juara 1 dalam kategori akselerasi (Best Acceleration) dan juara 2 dalam kategori bisnis plan.

Kompetisi tersebut diadakan pada tanggal 31 Maret sampai 10 April 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Managerial Leader Tim Yacandara UGM, Uun Kurnianingsih, mengatakan timnya memenangkan dua dari empat kategori yang dilombakan.

"Senang karena sudah dua tahun Tim Yacaranda tidak mengikuti lomba akibat pandemi dan di lomba ini persiapannya sangat mepet, dadakan tapi alhamdulillah setidaknya bisa memenangkan dua kategori dari empat kategori yang dilombakan, ujarnya, Kamis (14/4/2022).

Dalam kompetisi FESC IIMS tahun 2022, Tim Yacaranda UGM membawa mobil bernama Super Sekip EV-3 Evolution. Mobil tersebut berhasil lolos scrutineering atau pemeriksaan teknis mesin dan body mobil agar sesuai dengan ketentuan lomba dan berhasil meraih waktu 6.844 detik saja untuk mencapai jarak 75 meter.

BACA JUGA: Mudik 2022, Polri Terapkan One Way hingga Ganjil Genap

Mobil Super Sekip EV-3 Evolution ini merupakan mobil kelima yang dibangun oleh Tim Yacaranda. Mobil-mobil sebelumnya adalah Super Sekip EV-1, Super Sekip EV-2, Super Sekip EV-3, serta Super Sekip ET-1. Mobil Super Sekip EV-3 Evolution yang dibawa tahun ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Pertama, mobil sudah dilengkapi dengan sistem monitor telemetri, sehingga kondisi dapat dipantau dari jarak jauh. Kemudian mobil juga sudah dilengkapi dengan lima point Seatbelt yang lebih dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada driver.

Selain itu, juga ada fitur teknologi yang dapat meringankan steering serta desain suspensi yang betul-betul dirancang untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. "Super Sekip EV-3 Evolution juga dilengkapi dengan steering wheel yang memiliki sudut dengan mempertimbangkan aspek ergonomi untuk mengurangi beban steering,” katanya.

Dengan konstruksi suspensi yang dirancang tim untuk memaksimalkan traksi ban pada permukaan jalan, konstruksi suspensi tersebut dapat meminimalkan kejutan dan getaran yang dihasilkan. Setelah FESC IIMS, Tim Yacandara masih akan terus melakukan riset dan pengembangan untuk menghasilkan mobil yang lebih baik kedepannya.

 

Advertisement

 

 

 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Alasan Polisi Enggan Beberkan Motif Pembunuhan Brigadir J

News
| Kamis, 11 Agustus 2022, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement