Advertisement

Wisatawan Pengguna Visiting Jogja Bakal Diproritaskan Masuk Objek Wisata

Sunartono
Selasa, 19 April 2022 - 16:47 WIB
Bhekti Suryani
Wisatawan Pengguna Visiting Jogja Bakal Diproritaskan Masuk Objek Wisata Sejumlah wisatawan mengunjungi kawasan wisata Museum Gunung Merapi, Rabu (12/1/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di seluruh wilayah DIY diperkirakan meningkat saat libur Lebaran 2022. Wisatawan pengguna reservasi online lewat Visiting Jogja akan diberi jalur khusus dan tanpa antre saat memasuki objek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyatakan enggan memperkirakan angka pasti prediksi jumlah wisatawan yang berkunjung di objek wisata saat libur libur Lebaran. Namun ia memperkirakan jumlah itu minimal sama dengan saat 2019. Dengan demikian meningkat dibandingkan 2021 dan 2020 yang merosot akibat pandemi.

Advertisement

"Saya sebenarnya tidak ingin berandai-andai, tetapi mungkin kira-kira bisa dikatakan sama lah [dengan jumlah kunjungan 2019] paling tidak," katanya Selasa (19/4/2022).

Singgih mengatakan berdasarkan data kunjungan wisatawan selama 2019 mencapai 6,1 juta orang. Kemudian menurun di 2021 pada angka 4,1 juta orang. Seiring dengan pemberian izin mudik dengan syarat tertentu maka diperkirakan jumlah wisatawan bakal meningkat dibandingkan 2021 silam.

BACA JUGA: Banjir Lahar Hujan di Lereng Merapi, Truk Terkubur di Kali Gendol

"Selain itu adanya libur cukup panjang lewat cuti yang diberikan sehingga jumlah kunjungan wisatawan diperkirakan meningkat," katanya.

Ia menyatakan dengan adanya lonjakan tersebut maka DIY sudah mulai bersiap terutama pengelola destinasi wisata. Kesiapan itu mulai dari fasilitas dan komitmen pengelola untuk tetap menegakkan protokol kesehatan. Monitoring dan evaluasi terhadap kesiapan destinasi wisata telah dilakukan pada pekan lalu.

"Sarana prasarana prokes harus disiapkan termasuk SDM juga demikian sehingga semua tetap mematuhi prokes. Pedulilindungi atau visiting Jogja tetap harus digunakan untuk memantau wisatawan," katanya.

Singgih sudah meminta kepada seluruh destinasi wisata seperti di pintu masuk TPR wisata pantai harus memberikan prioritas melalui jalur khusus kepada wisatawan yang telah reservasi dan membayar secara nontunai lewat aplikasi Visiting Jogja. Hal ini untuk memudahkan penanganan dan meminimalisasi terjadinya antrean panjang saat libur lebaran.

Advertisement

"Untuk antrean masuk ke tempat wisata Kami minta agar dibuat jalur khusus bagi yang membayar nontunai dan menggunakan visiting Jogja. Kami memberikan apresiasi bagi yang ingin membayar nontunai dan sudah reservasi visiting Jogja ada jalur khusus," ucapnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Negara yang Melegalkan Ganja Medis

News
| Rabu, 29 Juni 2022, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Nawang Jagad, Camping Ground yang Tawarkan Pemandangan Merapi, Turgo dan Plawangan

Wisata
| Rabu, 29 Juni 2022, 17:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement