Advertisement

Banjir Lahar Hujan di Lereng Merapi, Truk Terkubur di Kali Gendol

Abdul Hamied Razak
Selasa, 19 April 2022 - 14:27 WIB
Bhekti Suryani
Banjir Lahar Hujan di Lereng Merapi, Truk Terkubur di Kali Gendol Tangkapan layar proses evakuasi truk yang terjebak material Merapi di Kali Gendol, Cangkringan, Selasa (19/4/2022) - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Hujan deras yang terjadi di puncak Gunung Merapi menyebabkan banjir lahar hujan, Selasa (19/4/2022). Banjir lahar mengalir ke sejumlah sungai yang berhulu Merapi seperti Kali Gendol di Cangkringan dan Kali Woro Kemalang, Klaten.

Banjir lahar hujan yang membawa material Merapi tersebut menyebabkan setidaknya tiga truk penambang pasir terjebak. Satu truk di Kali Gendol dan dua truk lainnya di Kali Woro. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dari peristiwa tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman Makwan mengatakan saat ini truk yang terjebak banjir lahar sedang dievakuasi di Kali Gendol. Proses evakuasi menggunakan alat berat karena sebagian badan truk tertutup material pasir. Truk dievakuasi setelah kondisi aman dan banjir lahar hujan mulai surut.

Truk terjebak dan terkubur pasir di hulu Kali Gendol berjarak 7 km sisi Selatan dari puncak G.Merapi. Truk berplat K berwarna kuning tersebut dikendari oleh Nyamin, warga Dolog, Rejosari, Kradenan, Grobogan, Jawa Tengah.

BACA JUGA: Penyelewengan BBM Bersubsidi di Jogja Terbongkar, Polisi Temukan Gudang di Godean

"Saat proses evakuasi truk terjadi guguran awan panas yang mengarah ke arah Barat. Semoga tidak ke arah tenggara sampai truk berhasil dievakuasi," harapnya.

Kejadian banjir lahar hujan terjadi sekitar pukul 10.45 WIB. Secara visual saat itu Gunung Merapi tidak nampak karena pekatnya awan. Sekitar pukul 11:35 WIB tiba-tiba aliran datang dengan intensitas sedang. Sejumlah truk penambang berhasil diselamatkan karena air terus meninggi.

Namun truk armada yang memuat pasir secara manual dan tersebut tidak sempat menyelamatkan dari material Merapi. "Sudah ada yang memperingatkan agar segera putar balik tetapi aliran banjir hujan keburu datang dan akhirnya terjebak. Sopir truk dn penambang manual lari ke tempat yang aman dan selamat," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar Bilang Begini...

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement