Advertisement

Ujung Material Merapi Berhenti di Km 5, Ini Foto-Fotonya..

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 10 Maret 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ujung Material Merapi Berhenti di Km 5, Ini Foto-Fotonya.. Luncuran awan panas Gunung Merapi menuju hulu Sungai Krasak sekitar pukul 12.44 WIB terlihat dari Kawasan Turi, Purwobinangun, Kapanewon Pakem, Sleman, Kamis (7/1/2021). - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang mengalami peningkatan sejak Rabu (9/3/2022) menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan. Salah satu penyebabnya ialah jarak luncur awan panas yang terjadi tadi malam merupakan jarak luncur terjauh sejak ditetapkan menjadi status Siaga pada November 2020.

Jarak luncur mencapai 5 kilometer. Sementara pada aktivitas vulkanik sebelumnya, hanya berkisar ratusan meter hingga 3 kilometer.

Kejadian ini membuat warga sekitar terutama yang rumahnya berdekatan dengan puncak Gunung Merapi terpaksa mengungsi tengah malam. Seperti warga Kali Tengah Lor dan Kali Tengah Kidul, Glagaharjo, Cangkringan. Mereka mengungsi ke barak Glagaharjo meski pada Kamis (19/3/2022) akhirnya kembali ke rumah masing-masing setelah situasi dirasa aman.

Berdasarkan pantauan beberapa pihak, material Merapi berhenti di jarak 5 kilometer dari puncak atau tepatnya di sebelah tenggara Objek Wisata Bunker Kaliadem.

Berikut ini potret situasi terkini di Kaliadem yang berhasil diabadikan fotografer Harian Jogja, Desi Suryanto:

1. Berhenti di Km 5

Material Merapi

Aktivitas Gunung Merapi yang terjadi pada Rabu (9/3/2022) malam membawa material yang cukup banyak. Material berupa pasir dan bebatuan itu meluncur hingga sejauh 5 kilometer dari puncak.

Dalam foto terlihat jelas perbedaan antara material yang baru dengan material lama. Material baru yang merupakan luncuran awan panas pada Rabu malam berwarna abu-abu (sebelah kiri) sementara material lama berwarna hitam (sisi kanan). Material tersebut berujung di Sungai Gendol tepatnya di sisi tenggara Bunker Kaliadem, Cangkringan, Sleman.

2. Mengalir di Kali Gendol

Material Merapi

Material vulkanik dari aktivitas Gunung Merapi meluncur melewati Kali Gendol di sebelah timur Objek Wisata Kaliadem. Material berwarna abu-abu berupa pasir dan bebatuan tampak memenuhi sebagian kali tersebut. Sejumlah warga dan para pemangku kepentingan sudah melakukan pemantauan. 

Advertisement

3. Pedagang Kaliadem Memindahkan Barang

Pedagang Kaliadem

Sejumlah pedagang di kawasan wisata Bunker Kaliadem mulai memindahkan barang dagangannya ke tempat yang lebih aman menggunakan mobil pikap. Mereka ingin menyelamatkan barang-barangnya untuk mengantisipasi terjadinya aktivitas Merapi yang lebih dahsyat.

Saat ini, objek wisata setempat ditutup sementara mengingat luncuran awan panas sudah mencapai 5 kilometer, tidak jauh dari tempat mereka berjualan. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Rayakan HUT TI, Warga Segrumung Kaget Didatangi Ganjar Pranowo

News
| Kamis, 18 Agustus 2022, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Paspor Indonesia Tanpa Kolom Tanda Tangan untuk Permohonan Visa Jerman Tetap Diproses

Wisata
| Kamis, 18 Agustus 2022, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement