Advertisement

Ada Tim Penanganan Aduan dan Informasi Pariwisata Jogja Saat Libur Lebaran

Yosef Leon
Jum'at, 22 April 2022 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Ada Tim Penanganan Aduan dan Informasi Pariwisata Jogja Saat Libur Lebaran Sejumlah wisatawan berkunjung ke Tamansari Jogja di hari terakhir pemberlakuan PPKM level 4, Senin (14/3/2022). - Harian Jogja/Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pemerintah Kota Jogja membentuk Tim Penanganan Aduan dan Informasi Pariwisata untuk menampung keluhan dan layanan wisata yang belum optimal di wilayah setempat. Tim ini nanti disiapkan di sepanjang kawasan Malioboro dalam menghadapi libur Lebaran.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti menyampaikan, pembentukan tim ini sebagai komitmen bersama dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada para wisatawan. Kehadiran tim ini diharapkan menjadi salah satu hal dalam pencegahan di bidang pariwisata.

Advertisement

"Tim ini terdiri dari 14 organisasi perangkat daerah (OPD) dan 14 kemantren yang ada di Kota Jogja," katanya saat memimpin Apel Siaga TNI/Polri di halaman Stadion Mandala Krida, Jumat (22/4)/2022).

BACA JUGA: Kasus Aktif Covid-19 Tinggal Belasan, Hampir Semua RT Kota Jogja Zona Hijau

Haryadi meminta kepada petugas untuk responsif dalam melayani aduan wisatawan. Di sisi lain ia juga meminta kepada wisatawan dan pengunjung agar senantiasa bersama-sama menjaga Kota Jogja tetap aman, nyaman, tertib dan kondusif selama masa libur Lebaran nanti.

"Silahkan berkunjung dan kami pastikan Jogja aman dan siap menyambut wisatawan," katanya.

Wakil Walikota Jogja, Heroe Poerwadi menyebut, pihaknya akan menempatkan Tim Penanganan Aduan dan Informasi Pariwisata di seputaran kawasan strategis. Akan ada posko utama yang dihadirkan di tiga titik yaitu di kawasan Titik Nol KM, Malioboro dan Tugu Jogja.

"Nanti akan aktif mulai tanggal 3 sampai 7 Mei," ujarnya.

Menurut dia, tim nantinya akan bekerja semaksimal mungkin. Setelah mendapat aduan mengenai layanan yang kurang optimal terlebih nuthuk harga dan merugikan wisatawan, tim akan melakukan penelusuran dan merunutkan peristiwa yang terjadi. Dari hasil pemeriksaan, tim akan memberikan tindakan yang tepat kepada pelaku usaha dan pihak lain yang melanggar aturan.

Advertisement

"Sehingga nantinya wisatawan kami harapkan bisa langsung mengadu ke posko jika mendapat pelayanan dan perlakuan yang kurang nyaman saat berwisata," jelasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keren! Warga Desa Ini Tanam Padi Bergambar Soekarno

News
| Selasa, 28 Juni 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Daftar 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia

Wisata
| Sabtu, 25 Juni 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement