Advertisement

Kasus Aktif Covid-19 Tinggal Belasan, Hampir Semua RT Kota Jogja Zona Hijau

Yosef Leon
Jum'at, 22 April 2022 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
Kasus Aktif Covid-19 Tinggal Belasan, Hampir Semua RT Kota Jogja Zona Hijau Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja melaporkan hampir seluruh RT di wilayah setempat berstatus zona hijau karena kasus Covid-19 yang terus melandai. Per Kamis (21/4/2022), kasus aktif Covid-19 di wilayah Kota Jogja tercatat hanya 18.

BACA JUGA: Ledakan Petasan Robohkan Satu Rumah di Ngaglik Sleman

Advertisement

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja Heroe Poerwadi menyebut puncak kasus Covid-19 gelombang ketiga di wilayahnya telah dilewati pada Februari lalu. Sejak Maret sampai dengan April ini, penularan pun mulai turun di wilayah setempat dan temuan konfirmasi kasus harian selalu di bawah 10.

“Peta zona risiko penyebaran sekarang rata-rata di tingkat RT zona hijau, hampir semua. Kuningnya hanya sekitar tujuh sampai delapan RT saja, tidak ada oranye,” katanya, Jumat (22/4/2022).

Menurutnya, kasus yang melandai juga disebabkan oleh cakupan vaksinasi penguat atau booster yang terus meninggi di wilayah itu. Per pekan ini, 70% warga di wilayah Kota Jogja disebut telah mendapatkan suntikan vaksinasi dosis ketiga.

“Memang ada kenaikan menjelang mudik dan antusiasme masyarakat tinggi untuk vaksinasi,” ungkapnya.

Heroe mengingatkan agar keluarga tetap menjaga sanak saudara yang rentan dan berusia lanjut saat Lebaran nanti. Penegakan protokol kesehatan dan kebersihan lingkungan harus dijaga demi meminimalkan sebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja Emma Rahmi Aryani menyampaikan cakupan vaksinasi di masa Ramadan memang cukup tinggi. Sebelum Ramadan, cakupan vaksinasi di wilayahnya hanya 40% dan sekarang telah mencapai 70%.

BACA JUGA: Banyak Siswa Belum Ber-SIM Naik Motor, Disdikpora DIY: Kami Kesulitan

Dinas akan melibatkan petugas vaksin yang akan siaga di sejumlah destinasi wisata favorit guna mencegah kasus Covid-19 meledak saat masa libur Lebaran.

“Rencananya akan kami buka gerai vaksinasi di parkir Abu Bakar Ali dan Malioboro. Selama libur cuti bersama, puskesmas juga masih tetap buka untuk melayani vaksinasi kepada masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Minta Prabowo-Gibran Persiapakan Diri Usai Ditetapkan KPU

News
| Rabu, 24 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement