Advertisement

Ledakan Petasan Robohkan Satu Rumah di Ngaglik Sleman

Lugas Subarkah
Jum'at, 22 April 2022 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ledakan Petasan Robohkan Satu Rumah di Ngaglik Sleman Petugas mengamankan lokasi ledakan, di Plosokuning V, Jumat (22/4 - 2022)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-Sebuah rumah hancur dan beberapa rumah di sekitarnya mengalami kerusakan akibat sejumlah petasan yang meledak di Plosokuning V, Kalurahan Minomartani, Kapanewon Ngaglik, Jumat (22/4/2022) pagi.

Ketua RT 22, Plosokuning V, Iwan Triantoro, menjelaskan petasan meledak sebanyak tiga kali. Ledakan pertama terjadi sekitar pukul 07.45 WIB, yang kemudian disusul ledakan kedua yang lebih besar tak lama setelahnya.

"Ledakan pertama datang, terus saya keluar rumah sampai di sini, ada kepulan asap di situ [lokasi ledakan]. Terus timbul ledakan gede sampai menimbulkan loncatan beberapa material rumah ke rumah tetangga. Kerusakan radius sampai 20 meter ada," ujarnya.

Rincian kerusakan yang ditimbulkan meliputi satu rumah tempat penyimpanan petasan roboh seluruhnya, tiga rumah pecah kacanya dan beberapa rumah retak plafon dan temboknya. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam lejadian ini.

Rumah tempat penyimpanan petasan tersebut kata dia, milik salah seorang warga. Namun, tidak ada yang meninggali rumah tersebut kecuali pemiliknya yang sering ke rumah tersebut saat siang hari. "Posisi rumah kosong saat meledak," ungkapnya.

Baca juga: Viral! Kaliadem Kotor karena Kertas Petasan, Ini Penampakannya

Ia tidak tahu pasti apakah rumah tersebut memang dijadikan gudang petasan atau tempat pembuatan petasan. Namun, di Plosoluning V, sudah menjadi kebiasaan saat lebaran banyak pesta petasan. "Kalau dari rekan pemuda saya minta informasi, ada yang menyampaikan 3 kg, terus ada mercon renteng," ungkapnya.

Adapun penyebab ledakan diduga karena jarak petasan dengan atap yang berbahan asbes teralu dekat. Sehingga saat atap panas, petasan ikut terbakar. Saat ledakan kedua terjadi, material berupa kayu usuk hingga masuk ruang tamu rumah sebelah, genteng dan asbes yang yerpental hingga atas pohon.

"Kerugian materil perkiraan puluhan juta. Delapan rumah rusak termasuk berat dan ringan. Paling parah yang tempat penyimpanan, nggak ada satu bangunan yang berdiri. Kamar mandi aja roboh," ungkapnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Pemerintah Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Jajal Keseruan Flying Fox Ledok Sambi, Solusi bagi yang Malas Lewat Tangga

Wisata
| Kamis, 11 Agustus 2022, 13:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement