Advertisement

TGB Bertemu Ketua Perindo DIY di Jogja, Bahas Konvensi Rakyat Jelang Pemilu 2024

Sunartono
Minggu, 24 April 2022 - 14:57 WIB
Budi Cahyana
TGB Bertemu Ketua Perindo DIY di Jogja, Bahas Konvensi Rakyat Jelang Pemilu 2024 Politikus Tuan Guru Bajang (kiri) saat bertemu dengan Ketua DPW Perindo DIY, Yuni Astuti, Sabtu (23/4/2022) malam. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Tokoh politik nasional yang juga mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang bertemu dengan sejumlah fungsionaris Partai Perindo DIY di salah satu hotel kawasan Jetis, Kota Jogja, Sabtu (23/4/2022) malam. Pertemuan itu salah satunya membahas konvensi rakyat hingga terkait strategi politik jelang Pemilu 2024. 

BACA JUGA: THR Cair, Pasar Beringharjo Mulai Ramai

TGB yang juga Ketua Konvensi Rakyat Partai Perindo mengklaim konvensi rakyat mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Karena hanya lewat online, masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk menjadi caleg pada Pemilu 2024 mendatang. Hingga saat ini sudah ada 1.000 lebih nama yang masuk untuk mendaftar. Uniknya dari jumlah itu 50% merupakan kalangan milenial. Terobosan yang menggunakan teknologi itu terbukti mendapatkan respons menarik dari milenial.

"Karena mereka berpikir mau mendaftar caleg tanpa harus menjadi anggota partai lebih dahulu. Mereka bisa mendaftar online, ini terbukti direspons banyak kalangan milenial. Artinya konvensi rakyat ini dibaca sebagai ruang baru bagi anak muda untuk berpolitik," kata TGB Sabtu malam.

TGB menyebut itu sebagai terobosan karena sebagian besar parpol hanya menerima pencalegan kader yang sudah resmi menjadi anggota bahkan ada yang mensyaratkan minimal dalam waktu tertentu. Konsep ini merupakan bentuk digitalisasi politik. Karena ke depan politik akan lebih memanfaatkan teknologi, salah satunya melalui e-voting atau memilih dengan secara teknologi. 

Ketua DPW Partai Perindo DIY Yuni Astuti menyatakan konvensi rakyat membuka peluang berbagai kalangan masyarakat termasuk DIY untuk mendaftar sebagai caleg. Namun faktanya memang banyak kalangan muda yang berminat.

"Lewat Konvensi Rakyat ini, partai politik membuka diri, mendekatkan diri dan berusaha untuk merangkul kaum milenial. Politik milik kita semua. Siapa pun bisa mendaftar. Siapa pun yang ingin berkiprah dan berkarir di politik legislatif," ujarnya.

Selain konvensi rakyat, lanjut Yuni, ada sejumlah hal yang didiskusikan di antaranya tentang konstelasi politik level nasional dan daerah jelang Pemilu 2024. Termasuk sejumlah harapan besar dari masyarakat di lapisan bawah terhadap parpol.

BACA JUGA: Akhiri Konflik, Mendikbudristek Tambah Nama Yogyakarta di Universitas Cokroaminoto

"Kami sempat membahas pula tentang bagaimana strategi nyata partai politik untuk mensejahterakan masyarakat di lapisan bawah," ucapnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement