Advertisement

Kini Bayar PBB di Kota Jogja Bisa Melalui Bank Mandiri

Sirojul Khafid
Selasa, 26 April 2022 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kini Bayar PBB di Kota Jogja Bisa Melalui Bank Mandiri Nasabah bertransaksi di mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Minggu (12/5)./Bisnis Indonesia- - Felix Jody Kinarwan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja menambah jaringan layanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yakni dengan Bank Mandiri.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jogja, Wasesa, mengatakan, penambahan alternatif pembayaran PBB agar masyarakat semakin nyaman menunaikan kewajibannya.

“Kami telah menandatangani kesepakatan bersama dengan salah satu bank pemerintah terkait layanan pembayaran PBB,” kata Wasesa, Selasa (26/4/2022).

Dengan kerja sama antara Pemkot Jogja dengan Bank Mandiri tersebut, maka wajib pajak bisa membayar melalui layanan Bank Mandiri, termasuk layanan transaksi mobile banking. Sebelumnya, pembayaran PBB di Kota Jogja dilayani melalui sejumlah bank yang sudah ditunjuk seperti BPD DIY, BNI, BRI, dan Bank Jogja. Selain itu, layanan pembayaran juga dapat dilakukan secara daring melalui aplikasi Tokopedia, Gojek, dan Laku Pandai.

Baca juga: Jogja Targetkan Rp97 Miliar dari Pajak PBB 2022

Dengan semakin banyak alternatif, harapannya pembayaran PBB semakin mudah. Sehingga ke depannya dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah.

Berdasarkan data, penerimaan PBB di Kota Jogja pada 2021 sebanyak Rp97,6 miliar atau 105,6 persen dari target sebesar Rp92,5 miliar. Sementara target penerimaan PBB pada 2022 ditetapkan sebesar Rp97 miliar.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan, kerja sama yang terjalin dengan Bank Mandiri ditujukan untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. “Salah satunya melalui transaksi daring yang bisa diakses cepat dan mudah. Tentunya, layanan transaksi online ini perlu terus disosialisasikan dengan cara memberikan alternatif pembayaran untuk berbagai layanan publik,” katanya.

Senior Vice President Regional CEO VII/Jawa 2 Bank Mandiri, Dessy Wahyuni, mengatakan, layanan mobile banking akan mengakomodasi semua kemudahan dan transformasi digital keuangan. “Nasabah tidak perlu datang ke bank untuk melakukan transaksi tetapi cukup melalui aplikasi. Harapannya fitur pembayaran akan lebih banyak,” katanya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement