Advertisement

Mulai Membanjir, Jumlah Penumpang Turun di YIA Tembus 6.000 Orang

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 27 April 2022 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Mulai Membanjir, Jumlah Penumpang Turun di YIA Tembus 6.000 Orang Sejumlah penumpang tiba di YIA, Rabu (27/4/2022). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Lonjakan penumpang di Yogyakarta International Airport (YIA) khususnya di terminal kedatangan mulai terlihat sejak Rabu (27/4/2022). Berdasarkan catatan pihak otoritas bandara, angka kedatangan pada Rabu, mencapai 6.000 orang.

Airport Operation Center Head (AOCH) YIA, Budi Wiyono mengatakan angka kedatangan memang berbanding terbalik dengan angka keberangkatan penumpang di bandara yang terletak di pesisir selatan Kulonprogo ini.

Advertisement

"Kalau untuk keberangkatan masih standar, di angka 3.000 penumpang. Jika dibandingkan dengan jumlah penumpang sebelumnya memang terjadi peningkatan sebanyak 2.000 penumpang untuk kedatangan. Sedangkan, untuk keberangkatan ada peningkatan sebanyak 500 penumpang," kata Budi, Rabu.

BACA JUGA: Kiai S Terdakwa Kasus Pelecehan Seksual Santri Kulonprogo Dituntut 8 Tahun Penjara

Dikatakan Budi, anomali penumpang memang sudah terjadi di bandara YIA pada Rabu.Jika dibandingkan dengan jumlah penumpang sebelumnya total baik kedatangan maupun keberangkatan di bandara YIA mencapai 4.000- 5.000 penumpang.

"Untuk kedatangan ini didominasi oleh rute dari Jakarta dan Balikpapan. Kalau untuk keberangkatan masih didominasi ke Jakarta ya. Karena beberapa penerbangan memang transit ke Jakarta ya terlebih kalau flight tersebut tidak direct ke YIA," ungkap Budi.

Lebih lanjut, jumlah kedatangan maupun keberangkatan penumpang di bandara YIA sendiri bersumber dari extra flight yang diajukan oleh sejumlah maskapai seperti Citilink dan Lion air dengan rute Ujungpandang, Cengkareng, dan Banjarmasin.

"Perkiraan kami puncak arus mudik itu di hari Sabtu (30/4/2022) dan Minggu (1/5/2022). Karena mulai 29 April kan sudah mulai cuti bersama ya," terang Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement