Advertisement

Polres Bantul Siapkan Skenario Mengurai Kemacetan di Jalan Parangtritis

Anisatul Umah
Sabtu, 30 April 2022 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polres Bantul Siapkan Skenario Mengurai Kemacetan di Jalan Parangtritis Suasana lalu lintas Jalan Parangtritis, Bantul, Selasa (4/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Polres Bantul telah menyiapkan skenario mengantisipasi potensi kepadatan wisatawan ke arah Pantai Parangtritis.

Kasat Lantas Polres Bantul AKP Gunawan Setiyabudi mengatakan, ploting personil akan dilakukan khususnya tim urai macet.

Selain itu rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan. Menurutnya apabila antrean pengunjung dari tempat pemungutan retribusi (TPR) Parangtritis sudah menyentuh Jembatan Kretek 1, maka akan dilakukan alih arus di Sempalan Pundong.

PROMOTED:  Resmikan IKM di Umbulharjo, Dinas Perinkopukm Jogja Berharap IKM Naik Kelas

"Yaitu mengalihkan arus lalu lintas dari Utara belok ke kiri tembus ke Jembatan Sokka/Shogun - tembus selatan Jembatan Kretek 1," jelasnya kepada Harian Jogja, Sabtu (30/4/2022).

Kemudian apabila kantong parkir di tempat wisata sudah penuh, akan dilakukan alih arus di Simpang Ngangkruksari. Arus dari Utara dialihkan ke Barat menuju Pantai Samas dan sekitarnya.

Baca juga: 15 Objek Wisata yang Instagramable di Jogja, Cocok Mengisi Weekendmu

"Untuk bubaran pengunjung Parangtritis akan kami arahkan melalui Jembatan Kretek 2 (Jembatan Baru JJLS) lanjut TPR Samas - Jalan Samas - Jalan Bantul - Ringroad Selatan," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan tahun ini diprediksi potensi keramaian akan lebih tinggi dari 2019, sebagaimana disampaikan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Sesuai prediksi dari Kemenhub demikian [lebih ramai dari 2019]. Yang jelas, berapapun peningkatan arus kami siap amankan," tegasnya.

Advertisement

Harian Jogja melakukan pemantauan arus lalu lintas di sepanjang jalan Parangtritis, Sabtu (30/4/2022) siang. Sepanjang jalan sudah nampak peningkatan keramaian di mana kendaraan plat luar daerah semakin banyak, seperti plat B, F, dan A.

Meski sudah ramai namun tidak sampai menimbulkan kepadatan lalu lintas. Sepanjang jalan ramai lancar. Sebagian jalan Parangtritis juga telah nampak diaspal ulang. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wavin Bangun Pabrik di Batang, Jokowi Pastikan Indonesia Akan Setop Impor Pipa

News
| Selasa, 04 Oktober 2022, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Rasakan Sensasi Makan Nasgor Bercitarasa Tengkleng ala Grage Ramayana Hotel

Wisata
| Senin, 03 Oktober 2022, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement