Advertisement

Jemaah Salat Id di Gumuk Pasir Dibatasi 5.000-an Jemaah

Anisatul Umah
Minggu, 01 Mei 2022 - 17:07 WIB
Sugeng Pranyoto
Jemaah Salat Id di Gumuk Pasir Dibatasi 5.000-an Jemaah Jemaah bersiap mengikuti Salat Id di gumuk pasir Parangtritis, Bantul, Rabu (5/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Salat Idulfitri bakal digelar di Gumuk Pasir, di Kretek, Bantul. Camat Kretek, Bantul, Cahya Widada mengatakan Salat Id di Gumuk Pasir, Parangkusumo akan menampung kurang lebih 5.000-an jemaah dari kapasitas maksimal 10.000 jemaah. Pembatasan masih dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

"Sekitar 5000 [jemaah], dari kapasitas maksimal 10.000," ungkapnya, Minggu (1/5/2022).

Advertisement

Dia menjelaskan Salat Id di Gumuk Pasir diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Parangtritis. Untuk persiapan sendiri sebelumnya PHBI telah melakukan audiensi ke kapanewon. "Dan kita sarankan sarankan agar sesuai dengan regulasi, instruksi bupati tentang pelaksanaan Ramadan dan Idulfitri," jelasnya.

Serta Instruksi Bupati Bantul Nomor 14/Instr/2022 tentang pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat level dua coronavirus disease Kabupaten Bantul. 

"Bahwa harus PPKM dengan 75 persen kapasitas dan diupayakan tidak ada kerumunan serta agar menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sebelumnya selama dua tahun Salat Id di Gumuk Pasir ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Dalam Salat Id yang digelar besok Ketua LPCR PP Muhammadiyah, Jamaludin Ahmad, akan bertindak sebagai Imam dan Khotib.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Bantul Aidi Johansyah. Pelaksanaan Salat Id akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Di Gumuk Pasir, Imam Khatib bapak Jamaludin dari PP [Muhammadiyah]," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement