Advertisement

Ternyata Ini Alasan Jokowi Berlebaran di Jogja

Newswire
Senin, 02 Mei 2022 - 12:47 WIB
Sugeng Pranyoto
Ternyata Ini Alasan Jokowi Berlebaran di Jogja Presiden Jokowi saat bertemu dengan Sri Sultan HB X di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Senin (2/5 - 2022)./Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersilaturahmi ke Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, seusai melaksanakan Salat Idulfitri, Senin (2/5/2022).

Dalam kunjungannya itu, Jokowi didampingi putra bungsunya Kaesang Pangarep. Rombongan tiba di Keben Kraton sekitar pukul 09.00 WIB dan langsung disambut tiga putri Raja Kraton Yogyakarta Sri Sultan HB X yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, GKR Condrokirono, serta GKR Hayu.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Presiden mengenakan kemeja batik dibalut celana panjang hitam, sementara Ibu Iriana mengenakan busana gamis berwarna putih.

Sekitar 30 menit kemudian Presiden berpamitan dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X beserta GKR Mangkubumi di Keben Kraton.

"Mengapa Idulfitri tahun ini saya berada di Jogja, tentu saja yang pertama kali kami kunjungi untuk silaturahmi dan mengaturkan selamat hari raya, mohon maaf lahir batin pada Pak Sultan, Ngarsa Dalem beserta Ibu Ratu [GKR Hemas] dan keluarga," ujar Presiden kepada awak media.

Presiden mengungkapkan rasa syukurnya karena agenda silaturahmi dengan Sultan termasuk pelaksanaan Salat Idulfitri di Gedung Agung berjalan lancar.

"Salat Id di Gedung Agung berjalan dengan baik, semuanya lancar dan alhamdulillah kita semuanya bisa melaksanakan Idulfitri," kata dia.

Mantan Wali Kota Surakarta itu juga memastikan bahwa perayaan Idulfitri 1443 Hijriah di seluruh provinsi di Indonesia berjalan dengan baik. "Tadi pagi kami pantau [perayaan Idulfitri] di semua kota, seluruh provinsi juga baik," kata dia.

Sementara itu, Sultan HB X menuturkan bahwa dalam agenda silaturahmi itu, dirinya bersama Presiden Jokowi tidak menyinggung soal ekonomi maupun politik.

"Tidak ada hal-hal yang dibicarakan yang penting mengenai politik, ekonomi enggak. Kita silaturahmi," ujar Sultan yang juga Gubernur DIY itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement