Ada Potensi Gelombang Tinggi, Wisatawan Pantai Diimbau Berhati-Hati

Peringatan untuk tidak mandi di laut di Pantai Glagah. - Instagram/@sarglagah
03 Mei 2022 17:07 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata pantai selatan di wilayah Kulonprogo diimbau untuk berhati-hati. Sebab, terdapat potensi gelombang laut tinggi hingga empat meter.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah V Glagah Aris Widiatmoko menuturkan pada Senin (2/5/2022), gelombang laut di pantai selatan Kulonprogo terpantau mengalami peningkatan. Meski pada Selasa (3/5/2022) siang ketinggian gelombang laut normal, namun diprediksi ada peningkatan gelombang laut pada Selasa sore.

"Siang hari ini [Selasa] ketinggian gelombang normal. Kalau kemarin ada peningkatan, tapi sore nanti tinggi lagi, menurut perkiraan BMKG sampe 4 Mei gelombang tinggi," terang Aris ketika dikonfirmasi pada Selasa siang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di Perairan Selatan Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DIY untuk Selasa (3/5/2022). Tinggi gelombang diprediksi termasuk kategori tinggi, berkisar antara 2,5-4 meter.

Baca juga: 3 Pos Pantau di Kawasan Hutan Pinus Mangunan Disiapkan

Pada masa libur Lebaran hari kedua ini, wisatawan yang berkunjung ke pantai terpantau mulai ramai. Aris menuturkan hari ini saja antara pukul 10.00 hingga 14.00 WIB sudah ada sekitar 2.000 wisatawan yang memasuki Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Glagah.

Aris menuturkan untuk menjaga keamanan wisatawan, pihaknya telah menyiapkan personil untuk bersiap di titik-titik rawan laka laut. Personil menggunakan megaphone untuk memperingatkan pengunjung untuk mengantisipasi mereka mandi dan berenang di laut.

"Di wilayah pantai selatan mulai dari Pantai Trisik sampe wisata Mangrove kami tempatkan 43 personel di setiap titik kunjungan," ujarnya.