Advertisement

3 Nelayan Hilang di Gunungkidul, Penyisiran Fokus ke Arah Barat Sampai Parangtritis

David Kurniawan
Kamis, 05 Mei 2022 - 09:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Nelayan Hilang di Gunungkidul, Penyisiran Fokus ke Arah Barat Sampai Parangtritis Ilustrasi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Tim gabungan terus melakukan pencarian tiga nelayan yang diduga hilang di kawasan Pantai Ngitun, Kalurahan Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Di hari keempat pencarian difokuskan ke arah barat dengan menyisir hingga kawasan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Sunu Handoko mengatakan, upaya pencarian kapal sekoci yang hilang kontak sejak Jumat (29/4/2022) yang membawa tiga nelayan terus dilakukan. Menurut dia, sejak mendapatkan laporan pada Minggu (1/5/2022) upaya pencarian terus berlanjut.

Advertisement

Meski demikian, hingga hari ketiga pencarian belum juga membuahkan hasil. Adapun petunjuk terkait dengan kecelakaan ini ditemukan serpihan kayu yang diduga sebagai bagian dari kapal sekoci yang hilang.

“Masih terus dicari dan mudah-mudahan segera membuahkan hasil,” kata Sunu kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Kapal Hilang, KTP ABK dari Gunungkidul Ditemukan

Dia menjelaskan, pencarian di hari keempat akan difokuskan ke arah barat yang disesuaikan dengan kondisi arus. Rencananya penyisiran dilakukan dari lokasi temuan serpihan kapal hingga ke Pantai Parangtritis.

Untuk penyisiran tidak hanya melibatkan gabungan personel SAR, Basarnas, Polsek Tepus dan Girisubo, SAR MTA, SAR FKAM, melainkan juga ada partisipasi dari nelayan lokal. Total ada tiga kapal sekoci, empat perahu jukung dan tiga unit jetksi. “Kami terus memantau dan kabar terbaru penyisiran di Pantai Siung sudah melaporkan, tapi hasilnya masih nihil,” katanya.

Selain proses mencari melalui jalur laut, juga mengupayakan pencarian via darat dengan menyisir di kawasan perbukitan yang berbatasan dengan laut. “Segala upaya kami lakukan untuk mencari keberadaan para nelayan yang dinyatakan hilang,” katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono mengatakan, ikut membantu pencarian ketiga nelayan yang dilaporkan hilang. Meski demikian, tim juga dibagi untuk pengamanan libur lebaran karena adanya lonjakan pengunjung yang datang ke kawasan pantai.

Advertisement

“Kami ikut terjun mencari, tapi memang belum membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan,” katanya. 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement