Advertisement

Jadi Catatan! Bus di Kulonprogo Telat Datang 12 Jam saat Arus Balik

Anisatul Umah
Jum'at, 13 Mei 2022 - 20:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jadi Catatan! Bus di Kulonprogo Telat Datang 12 Jam saat Arus Balik Ilustrasi arus balik Lebaran - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 sudah berlalu. Ada catatan penting untuk Kulonprogo saat arus balik yakni adanya keterlambatan bus di terminal-terminal hingga 12 jam.

Belum dipastikan penyebab dari keterlambatan ini, namun dugaan sementara terpengaruh sistem rekayasa lalu lintas satu jalur atau one way.

Advertisement

Kasi Pengelolaan Terminal di Balai Pengelolaan Terminal dan Perpàrkiran Dishub DIY, Yunarti mengatakan koordinasi dilakukan dengan para agen untuk menyampaikan keterlambatan kedatangan bus.

Lalu dari agen bus dipersilahkan untuk menunggu bus datang atau mengambil uang tiket dan mencari bus lain. Ada juga yang diusahakan untuk ikut mudik gratis.

"Untuk arus balik memang ada keterlambatan bus, dimungkinkan pengaruh dari one way. Kami usaha ikutkan balik gratis lewat Giwangan 4 orang jurusan Tangerang," paparnya kepada Harian Jogja, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Arus Balik, 20.000 Orang Berangkat dari Terminal Giwangan

Menurutnya keterlambatan semacam ini sebelumnya tidak pernah terjadi. Catatan keterlambatan ini sudah disampaikan ke bidang angkutan sebagai bahan laporan ke pusat untuk mengambil kebijakan.

"[keterlambatan] kurang lebih 12 jam. Belum [pernah terjadi]," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo Lucius Bowo Pristyanto mengatakan keterlambatan bus ini menjadi persoalan, namun bisa diselesaikan. Sebagian besar bus ke arah Jabodetabek terlambat datang.

Advertisement

"Baliknya ke sini terlambat. Beberapa penumpang di terminal Wates dan terminal-terminal kecil lebih mundur," ungkapnya.

Berdasarkan tracking dari agen, bus-bus ini terlambat datang dari Jawa Barat ke Jawa Tengah dan Jogja. Sebagian penumpang menurutnya ada yang diikutkan mudik gratis dan dicarikan angkutan alternatif.

Meski ada catatan keterlambatan bus, menurutnya secara umum arus balik di Kulonprogo berjalan baik dan lancar. Terjadi kemacetan di simpul-simpul tertentu dan lumrah terjadi karena volume kendaraan naik drastis.

"Secara keseluruhan jalan-jalan kita masih mampu menampung ledakan kendaraan," lanjutnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement