Advertisement

Long Weekend di Kaliurang, Siap-Siap Ada Satus Kethek Mudun Gunung

Abdul Hamied Razak
Selasa, 24 Mei 2022 - 15:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Long Weekend di Kaliurang, Siap-Siap Ada Satus Kethek Mudun Gunung Sejumlah penari menyiapkan atraksi Tari Beksan Wanara Satus Kethek Mudun di Kaliurang pada libur akhir pekan ini. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Menyambut long weekend pekan ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman menyiapkan atraksi untuk menghibur wisatawan yang berkunjung. Salah satunya penampilan Tari Beksan Wanara Satus Kethek Mudun di Kaliurang.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Aris Herbandang akan memulai kembali pertunjukan seni di kawasan Kaliurang pada libur panjang akhir pekan ini. "Meskipun secara frekuensi belum dapat dijadwalkan seperti masa sebelum pandemi, dan masih menerapkan protokol kesehatan secara proporsional sebagai bentuk kehati-hatian bersama," katanya, Selasa (24/5/2022).

Herbandang menjelaskan, gelar seni pertunjukan pada destinasi wisata kawasan Kaliurang tersebut merupakan yang perdana dilaksanakan selama pandemi. Pasalnya selama pandemi, atraksi kesenian dihentikan. "Nanti pertunjukannya akan dikemas sedikit berbeda dari sebelumnya," katanya.

Pertunjukan seni akan digelar di ruas jalan bawah Tlogo Putri Kaliurang pada libur Kenaikan Isa Almasih Kamis 26 Mei besok. Pertunjukan seni tari dan musik digelar dengan format pertunjukan seni jalanan agar lebih dekat dengan wisatawan dan pengunjung juga dapat berinteraksi langsung.

Kasi Atraksi dan Ekonomi Kreatif Dispar Sleman Rini Wahyu Hestari menjelaskan atraksi tersebut melibatkan Sanggar Tari Sekar Jayashree. "Mereka menggelar flash mob Tari Beksan Wanara di tempat yang lingkungannya memang banyak kera ekor panjang di sana," katanya.

Baca juga: Arti 4 Prasasti yang Tertempel di Tugu Jogja

Flash mob akan digelar dua kali sekitar pukul 10.00 WIB dan 14.00 WIB. Selama jeda pagelaran akan diisi musik Neo Kustik dan Rebo Ngeslow. "Adanya interaksi dalam ekspresi seni antara seniman dan pengunjung di destinasi wisata tentunya akan memberikan keseruan dan pengalaman tersendiri bagi wisatawan," katanya.

Ada Pelonggaran

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Suparmono mengatakan pasca libur hari Raya Lebaran dan juga hari Raya Waisak lalu pemerintah pusat pun memberikan sejumlah pelonggaran. Salah satunya penggunaan masker saat berada di tempat terbuka yang tidak padat orang, tidak lagi diwajibkan.

Dispar, katanya, akan mulai menggelar seni pertunjukan di ruang terbuka mulai dapat digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. "Saat ini penyebaran Covid-19 terkendali dan protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19 sudah menjadi budaya di tengah masyarakat," katanya.

Advertisement

Dia berharap, jumlah kunjungan wisatawan pada libur lanjang pekan ini terus mengalami kenaikan. Pasalnya pada libur akhir pekan kemarin, tren kunjungan wisatawan ke Sleman masih baik. Akhir pekan kemarin kunjungan wisatawan ke Kaliurang mencapai 6.403 orang dan ke Kaliadem mencapai 3.965 wisatawan.

"Angka kunjungan wisatawan tidak sebanyak pada libur panjang hari raya Waisak yang lalu. Tetapi saat ini kunjungan wisatawan lebih tinggi dibandingkan saat sebelum dan saat bulan Ramadan yang lalu," katanya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Taiwan Tolak 4.000 Kg Mi Instan asal Indonesia, Ada Apa?

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement