Advertisement

Disdikpora Kulonprogo Dorong Pengembangan Seni dan Olahraga

Anisatul Umah
Selasa, 24 Mei 2022 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Disdikpora Kulonprogo Dorong Pengembangan Seni dan Olahraga Sepatu Olahraga - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo bakal mendorong potensi siswa di bidang kesenian dan olahraga. Kepala Dinas Disdikpora Kulonprogo, Arif Prastowo mengatakan semua potensi siswa harus terus digali.

Menurutnya dewasa ini guru tidak bisa lagi menyebut siswa yang pintar adalah siswa yang jago IPA, IPS, dan matematika saja. Karena semua kecerdasaan melekat pada diri siswa.

Jika ditemukan potensi seni dan olahraga pada siswa maka guru harus bisa memberitahu ke siswa tersebut dan juga orang tuanya. Kerjasama dengan orang tua, kata Arif, juga penting dalam menggali potensi siswa.

"Saya rasa sekarang kita harus perhatikan semua potensi siswa. Tidak hanya potensi kecerdasan tertentu. Tapi mereka punya kecerdasan seni, kinetik yakni olahraga atau cara komunikasi ini harus difasilitasi sekolah," ujarnya, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Kabar Gembira, Hari Ini Pertama Kalinya DIY Tak Ada Penambahan Kasus Covid-19

Arif menjelaskan, potensi seni di Kulonprogo hampir merata di semua wilayah. Namun yang menonjol ada di daerah utara yakni Girimulyo dan Samigaluh. Di wilayah tersebut seni budaya tradisional sangat dominan bahkan sejak di sekolah dasar.

Potensi seni pada anak-anak sejak usia dini menjadi perhatian Disdikpora Kulonprogo. Disdikpora akan mencoba membuat suatu model untuk sekolah tertentu dalam rangka mengembangkan kesenian sesuai dengan lingkungannya.

"Kelas khusus seni belum kesana, tapi satuan-satuan pendidikan itu mengembangkan satu mode akomodasi perkembangan seni yang ada di situ, mulai dari sekolah dasar paling tidak," ungkapnya.

Sementara untuk potensi olahraga di daerah tertentu di wilayah Utara menurutnya belum ada prestasi yang menonjol. Padahal mestinya potensi atlet muncul di setiap wilayah.

"Ini jadi perhatian kami, stok calon atlet ada di sekolah-sekolah. Tinggal bagaimana cara kami mengoptimalkan, mengidentifikasi bibit-bibit atlet," jelasnya.

Advertisement

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mengakomodasi potensi siswa akan dibuka sekolah dengan kelas khusus olahraga di SMP Negeri 3 Samigaluh. Agar nantinya muncul bibit-bibit atlet di wilayah Samigaluh.

"Kami dukung SMP 3 Samigaluh untuk membuka kelas khusus olahraga mulai tahun ajaran baru," tuturnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Taiwan Tolak 4.000 Kg Mi Instan asal Indonesia, Ada Apa?

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement