Advertisement

Bangjo Unik di Jogja, Cuma Boleh Jalan Lurus. Sering Lewat?

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 25 Mei 2022 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bangjo Unik di Jogja, Cuma Boleh Jalan Lurus. Sering Lewat? Tangkapan layar suasana lalu lintas di seputaran bangjo Gramedia. - Instagram @infodhaharjogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Jika pada umumnya pengendara yang melintas di traffic light atau lampu merah boleh belok ke kanan, kiri atau lurus, tidak pada lampu merah yang satu ini. Di Jogja, ada lampu merah atau bangjo yang hanya membolehkan pengendaranya berjalan lurus. 

Bangjo tersebut adalah perempatan Jenderal Sudirman atau yang biasa dikenal dengan bangjo Gramedia. Di tempat pemberhentian ini, pengendara sepeda motor dan mobil dari arah utara hanya diberi satu pilihan yaitu melaju ke arah selatan atau lurus. Mereka tidak boleh belok ke kiri maupun kanan. 

Pengendara dilarang ke kiri karena jalan ke arah RS Bethesda itu merupakan jalan satu arah selama 24 jam. Belok kanan atau ke barat juga dilarang karena pengendara harus berjalan lurus ke selatan terlebih dulu beberapa puluh meter, baru kemudian putar balik di sekitar Kantor Bulog, ke utara lagi dan baru belok ke barat tepat di depan Toko Gramedia

Pengendara yang nekat belok ke barat harus siap-siap kena tilang karena polisi sudah berjaga di pos yang berada di sisi utara jalan. 

Video suasana lalu lintas di bangjo Gramedia dari arah utara juga dibagikan akun Instagram @infodhaharjogja belum lama ini. Dalam video, mobil-mobil yang melintas memang hanya berjalan lurus saat lampu menunjukkan warna hijau. 

Tak ayal bagi perantau yang baru saja datang di Jogja, banyak yang terjebak di sini. Mereka tidak tahu aturan lalu lintas itu sebelumnya. 

Seperti pengalaman salah satu netizen ini. Ia harus membayar denda karena melanggar aturan. 

"Pernah pas pertama ke jogja di sini belok kanan, langsung duit 100 rb ilang," tulisnya. 

Advertisement

"Orang bantul kulonprogo gunungkidul yg awal awal masih muda main ke joja mesti pernah ngeblong di sini," tutur akun yang lain. 

Namun ada pula warganet asal Jogja yang baru mengetahui peraturan itu belum lama ini. "Dan aku baru tau iutu ngga boleh belok kanan belum lama ini. padahal asli jogja. Yaah ketok nek ngga pernah muter muter kota, taunya jalan Malioboro, jembatan kewek udah brubah banget," tulis dia dalam sebuah kolom komentar. 

"Aq kok malh baru tau ga boleh belok kanan juga," timpal yang lain. 

Advertisement

Cukup unik ya. Apakah ada bangjo lain seperti itu?

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ingin Tahu Gaji Masinis, Segini Besar Gaji Pegawai KAI

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement