Advertisement

Video Cara Unik Buang Limbah Masker Antarkan Mahasiswa UMY Juara

Sunartono
Sabtu, 28 Mei 2022 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Video Cara Unik Buang Limbah Masker Antarkan Mahasiswa UMY Juara TitTok - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Prodi Ilmu Komunikasi tergabung dalam tim Doa Ibu Creative menjadi jawara dalam kompetisi Media in Action (Mediation) pada ajang Epicentrum 2022 di Unpad. Para mahasiswa dalam tim ini adalah Daffa Uddin, Raihan Herdiansyah, Humam Alwafi, Najmi Sa’idah, dan Wildan Sudar.

Kompetisi ini menggunakan konsep production house yang mengharuskan peserta membuat videografi, audio, dan poster digital.  Tim UMY berhasil mengalahkan empat tim lain dalam final dengan karyanya sosialisasi yang berfokus pada permasalahan limbah infeksius dalam hal ini masker. Para mahasiswa ini memberikan solusi cara membuang sampah masker yang benar pada tiga output sekaligus. 

BACA JUGA: Almarhum Buya Syafii Ternyata Sudah Memesan Makam Sejak Februari

"Kami riset limbah medis lingkupnya banyak. Bisa jadi limbah infeksius yang dihasilkan oleh penderita Covid-19 dan isoman seperti masker, swab test, suntikan, infus, sarung tangan. Namun dari tim kami sendiri, fokus lebih ke orang yang tidak terkena karena mereka juga mengeluarkan limbah medis salah satunya masker yang seringkali sampah masker diletakkan secara asal," kata Najmi Saidah dari Tim Dia Ibu Creative dalam rilisnya Sabtu (28/5/2022).

Ia menjelaskan dari karyanya, meski dalam satu tema namun ketiganya memiliki output berbeda  Pertama, dalam bentuk video, tim ini menemukan ide berbeda di mana pada awal video ditampilkan drama atau storyline. Di tengah video, menunjukkan pemeran yang ketakutan setelah menyaksikan berita limbah masker. Berlanjut pada adegan pemeran membuang sampah medis. "Ini juga mendapat apresiasi dari juri karena pemilihan ide yang beda,” ujar Daffa.

Pada output audio, tim menganalogikan melalui sudut pandang hewan laut yang terkena dampak dari limbah masker yang dibuang sembarangan. Sedangkan output poster, tim UMY membuat visualisasi dari audio tentang analogi hewan laut. “Di output ini kami berusaha menggugah kesadaran masyarakat dengan tagline, sampah bisa jadi makananmu," katanya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement