Advertisement

Penyaluran Kredit UMKM di DIY Naik

Herlambang Jati Kusumo
Minggu, 29 Mei 2022 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Penyaluran Kredit UMKM di DIY Naik Ilustrasi UMKM. - Antara/Budi Candra Setya

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY menilai kinerja perbankan DIY bagus. Salah satu indikatornya adalah penyaluran kredit ke usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)yang mengalami peningkatan.

“Kinerja perbankan di DIY bagus saya kira. Baik aset, DPK [Dana Pihak Ketiga], dan kredit. Kredit cukup tinggi pertumbuhannya pada Maret 2022, tumbuh 5,61% [yoy],” kata Kepala OJK DIY, Parjiman, Sabtu (28/5/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Total penyaluran kredit pada Maret 2022 tersebut Rp50,042 miliar. Dari jumlah tersebut 48% diantaranya untuk UMKM, atau sebesar Rp24,182 miliar. “Khusus kredit UMKM perbankan tumbuh sebesar 18,59% [yoy]. Rasio NPL [non performing loan] turun menjadi 3,79%,” ucap Parjiman.

Direktur Utama BPD DIY Santoso Rohmad melihat saat ini penanganan pandemi Covid-19 semakin membaik. Terlihat aktivitas masyarakat kembali berjalan, dan ekonomi bangkit. “Perlu kami support dengan pendanaan. Kualitas dan kuantitas usaha meningkat, perlu dukungan dari perbankan. BPD DIY mengambil momentum itu,” ucapnya.

Menurut Santoso, target penyaluran pembiayaan dapat selesai di semester pertama. Sehingga, masuk semester kedua, hanya tambahan. “Momentum ini kalau tidak ada aksi, sayang sekali, duntuk mengungkit ekonomi. Kami tumbuh terus pembiayaan, dan BPD DIY juga terus tumbuh,” ujar Santoso.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM), Srie Nurkyatsiwi mengatakan mengatakan UMKM sejak pandemi Covid-19 mengalami kontraksi, namun dinas tidak berhenti untuk mendorong.

“Seperti dengan SiBakul, penjualan melalui daring. Kami juga mendorong skill mereka. Mendorong sisi layanan, legalitasnya. Kemudian UMKM ini juga perlu memahami apa selera dari masyarakat,” kata Siwi.

Siwi mengungkapkan saat ini berbagai event mulai digelar. UMKM tersebut bisa memanfaatkan sebagai ajang promosi. “Mungkin tidak langsung ada transaksi, tidak masalah. Namun, mereka menyiapkan kartu nama, untuk membuka peluang ke depan. Saat ini sudah angina segar, kemarin juga mudik, geliat UMKM luar biasa,” ucap Siwi.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tarif Ojek Online Akan Ditentukan Gubernur, Begini Tanggapan Ojol

News
| Rabu, 30 November 2022, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement