Advertisement

Pertamina Maksimalkan Penyediaan BBM di Jalur Pantai Selatan Jawa

Sirojul Khafid
Selasa, 31 Mei 2022 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Pertamina Maksimalkan Penyediaan BBM di Jalur Pantai Selatan Jawa Area Manager Communication, Relation, and CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT. Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Seiring dengan perkembangan jalur pantai selatan (pansela) Jawa, PT. Pertamina terus berkomitmen memberikan dukungan. Hal ini baik dalam menyediakan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) atau lainnya. Area Manager Communication, Relation, and CSR Regional Jawa Bagian Tengah PT. Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, mengatakan, saat ini di jalur pansela sudah terdapat 15 SPBU yang menjual berbagai produk BBM. Selain SPBU, tumbuh pula pertashop atau SPBU mini yang sudah ada 13 di jalur pansela dan sekitarnya.

Penyediaan ini sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang menggunakan jalur pansela. Per harinya, terdapat konsumsi 196 kilo liter di jalur pansela. Konsumsi ini naik dalam momen-momen tertantu, termasuk Ramadan dan Idulfitri 2022 yang meningkat menjadi 242 kilo liter per hari.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Hal ini menunjukan bahwa pertamina juga menunjukan konsen pada jalur pansela,” kata Brasto dalam diskusi kerja sama PT. Pertamina dan Harian Jogja bertema Peran Pertamina Menggeliatkan Perekonomian Jalur Pansela, Selasa (31/5/2022).

BACA JUGA: Tambang Ilegal di Kali Progo Merajalela, Warga Demo Minta Sultan Turun Tangan

Konsumsi serta pertumbuhan SPBU dan Pertashop di pansela memang menunjukan pertumbuhan, meski apabila dibandingkan dengan jalur pantai utara dan jalur tengah masih jauh lebih sedikit. Di jalur pantai utara misalnya, konsumsi BBM mencapai 1.100 kilo liter per hari. Sementara jalur tengah mencapai 1.300 kilo liter per hari. Konsumsi BBM menjadi salah satu indikator sebuah wilayah berkembang secara ekonomi.

“Dari sisi PT. Pertamina, kewajiban kami menyiapkan BBM yang bisa terjangkau bagi masyarakat. Kami berharap pansela bisa lebih berkembang ke depannya, semoga dalam watu dekat dengan adanya jalan tol juga bisa membantu peningkatan ekonomi sekitar,” katanya.

PT. Pertamina juga memudahkan pembelian BBM di SPBU dengan e-money. Dengan aplikasi My Pertamina, masyarakat bisa membayar BBM di SPBU menggunakan Link Aja. Dari 15 SPBU di pansela, 12 di antaranya sudah terkoneksi dengan layanan ini.

Adapula layanan delivery pembelian produk PT. Pertamina. Masyarakat bisa membeli produk yang nantinya akan diantar ke alamat sesuai pemesanan. “Dalam aplikasi My Pertamina, ada promo-promo menarik, termasuk informasi lokasi SPBU terdekat,” kata Brasto. “Tidak hanya itu, adapula fasilitas pinjaman modal yang bisa masyarakat nikmati. Hal ini sebagai dukungan agar ekonomi rakyat terus bertumbuh.”

Advertisement

Ke depan, potensi berkembangnya jalur pansela masih terbuka lebar. Selain dengan adanya jalan tol, perkembangan destinasi wisata juga menjadi daya tarik tersendiri.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

4 Negara di Asia Tenggara Akan Klaim Kebaya ke UNESCO, Kok Bisa?

News
| Sabtu, 26 November 2022, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement