Advertisement

Hari Lahir Pancasila, PDIP DIY Ajak Membangun Kesadaran Berjuang

Media Digital
Rabu, 01 Juni 2022 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hari Lahir Pancasila, PDIP DIY Ajak Membangun Kesadaran Berjuang Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 di Kantor DPD PDI Perjuangan Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 47 - Ist

Advertisement

JOGJA-Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 di Kantor DPD PDI Perjuangan Jl. Tentara Rakyat Mataram No. 47, dimulai pukul 8.00 WIB. Hadir mengikuti Upacara para pimpinan dan pengurus DPD PDI Perjuangan DIY, Badan Partai, dan Sayap Partai. 

Penetapan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dilakukan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila.

Advertisement

Dalam bagian Menimbang huruf c Keppres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila disebutkan bahwa untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar negara diperkenalkan oleh Ir. Soekarno, Anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945. Soekarno menyampaikan gagasan lima dasar untuk negara Indonesia, yaitu “Kebangsaan”, “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, “Demokrasi”, “Keadilan sosial”, dan “Ketuhanan yang Maha Esa”. 

Baca juga: Jokowi Akan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende NTT

Dalam perjalanan bangsa ini, Pancasila hadir sebagai falsafah dan pandangan hidup yang menyatukan keragaman dan membawa semangat kebangkitan bangsa.

Disampaikan oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIY, Totok Hedi Santosa, seluruh pengurus dan kader PDI Perjuangan harus mampu membumikan Pancasila dalam kehidupan nyata berbangsa dan bernegara. 

"Peringatan hari lahir Pancasila ini momentum untuk mengingatkan agar terus membangun kesadaran berjuang, melakukan refleksi, dan terus berjuang untuk masa depan bangsa, sejalan dengan cita-cita luhur para pendiri bangsa ini," ucapnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (1/6/2022). *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement