Advertisement

Mantap! Informasi Lowongan Kerja Kini Diinfokan Keliling Kecamatan di Bantul

Catur Dwi Janati
Minggu, 05 Juni 2022 - 15:37 WIB
Bhekti Suryani
Mantap! Informasi Lowongan Kerja Kini Diinfokan Keliling Kecamatan di Bantul Sejumlah perusahaan membuka lowongan dalam Jobfair Dinas KUKM-Nakertrans Kota Jogja di Jogja Expo Center. Acara dibuka Senin (7/5/2018) dan ditutup Rabu (9/5/2018). - Harian Jogja/Abdul Hamied Razak

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Mendekatkan layanan dan informasi kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul ciptakan inovasi Pelayanan Kartu AK-1 dan Lowongan Kerja Keliling (Pak Piling). Menyambangi kapanewon-kapanewon atau kecamatan, diharapkan masyarakat bisa lebih dekat dalam mengakses kartu kuning maupun konsultasi informasi lowongan kerja secara langsung. 

Kepala Disnakertrans Bantul, Istirul Widilastuti menjelaskan bila layanan Pak Piling sudah berlangsung beberapa waktu lalu di Kapanewon Banguntapan dan Kapanewon Bambanglipuro. Layanan ini akan terus keliling secara bergantian dari satu kapanewon, ke kapanewon yang lain. "Kalau kelilingnya itu nanti rencananya nanti satu pekan sekali. Nanti habis ini di Kapanewon Bantul," ujarnya dikutip pada Minggu (5/6/2022).

Satu mobil armada Pak Piling akan keliling ke berbagai kapanewon. Warga yang datang ke layanan Pak Piling di kapanewon juga akan diinformasikan bahwa pembuatan kartu AK-1 atau kartu kuning dapat dilakukan secara daring. Istirul menjelaskan setelah data kartu kuning diisi secara daring nantinya warga tinggal mencetak kartu melalui dinas, karena membutuhkan tanda tangan basah.

BACA JUGA: Survei: Perilaku Pemilih di Indonesia Bergeser

Tidak hanya sekadar mencari kartu kuning, warga yang berkunjung ke layanan Pak Piling juga sapat mengakses informasi lowongan kerja sekaligus konsultasi langsung perihal hal-hal apa saja yang dibutuhkan dalam lamaran. "Kita menyampaikan beberapa informasi lowongan kerja yang mungkin nanti saudara-saudara kita berminat di situ," ungkapnya.

"Artinya kita mengajak teman-teman pengantar kerja untuk bisa berkonsultasi terkait lowongan pekerjaan yang ada. Ya harapannya pelayanan kepada masyarakat lebih bisa maksimal lagi," tuturnya.

Meski baru pertama kali dilakukan, dua lokasi yang menjadi sasaran layanan Pak Pilingz disebutkan Istirul animo masyarakat cukup ramai. Istirul juga membuka opsi digelarnya layanan Pak Piling masuk ke desa-desa agar cakupannya lebih dekat lagi. 

"Kalau kita mengadakan di tingkat kapanewon kurang bisa maksimal ya nanti akan kita dekatkan lagi. Misalnya nanti kita langsung ke desa atau ke padukuhan, agar paling tidak saudara-saudara kita yang belum bekerja ini bisa terinformasikan," tandasnya.

Panewu Banguntapan, I Nyoman Gunarsa menyampaikan terobosan layanan Pak Piling ini cukup baik bagi para pencari kerja di wilayah. Menurutnya, warga yang datang ke Kantor Kapanewon Banguntapan untuk menyambangi layanan Pak Pilinh cukup banyak. 

"Tentu sangat bagus, sangat memudahkan masyarakat dalam menghemat waktu. Tentu itu menjadi sesuatu yang bagus diberikan kepada masyarakat," ujarnya.

Advertisement

Lebih lanjut, Gunarsa menuturkan bila tidak ada salahnya layanan Pak Piling makin dekat lagi kepada masyarakat hingga merambah ke kalurahan-kalurahan. "Dengan terinformasikannya peluang-peluang kerja langsung ke masyarakat di kapanewon, tentu saya berharap angka pengangguran di kapanewon itu bisa berkurang, lalu taraf hidup masyarakat meningkat," tukasnya.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement