Advertisement

BPNB DIY Umumkan Pemenang Lomba Keroncong

Media Digital
Rabu, 08 Juni 2022 - 06:57 WIB
Jumali
BPNB DIY Umumkan Pemenang Lomba Keroncong Suasana gelaran malam anugerah apresiasi lomba keroncong yang diselenggarakan oleh BPNB DIY, Selasa (7/6/2022) malam. - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sejumlah pemenang yang ikut serta dalam lomba keroncong umum yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) DIY diumumkan dalam gelaran malam anugerah apresiasi pada Selasa (7/6/2022) malam. Kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu bagi khalayak untuk kian mengembangkan musik keroncong.

Ketua Panitia Lomba Keroncong, Agus Riyanto mengatakan, kegiatan ini mengambil tema simfoni keroncong dulu, kini, dan mendatang dengan tujuan untuk mengenalkan dan memperkuat keroncong di tengah masyarakat serta menanamkan nilai luhur yang ada dalam syair lagu kepada generasi muda.

"Kami juga ingin memberikan ruang apresiasi kepada pecinta keroncong lewat lomba ini," ujarnya.

Dia menyebut, total ada sebanyak 22 peserta yang ikut serta dalam lomba tersebut. Mereka berasal dari DIY, Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Adapun tahapan lomba telah dimulai sejak 8-15 Maret lalu dengan pendaftaran lokakarya dan sosialisasi. Selanjutnya pada 16 Maret dilakukan lokakarya secara daring. Pada 17 Maret sampai 19 Mei adalah tahap pendaftaran dan pengiriman karya.

"Lalu pada 20 Mei sampai 6 Juni adalah proses penjurian dan pada 7 Juni pengumuman pemenang," katanya.

Perwakilan Direktorat Perfilman Musik dan Media Baru Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Edi Irawan menyebut, tingginya antusiasme peserta dalam lomba ini merupakan pertanda bahwa keroncong mulai kembali bergeliat meski di masa pandemi Covid-19. Ia berharap, keroncong sebagai budaya bangsa bisa terus dilestarikan, dilindungi dan dikembangkan.

"Kami melihat bahwa antusiasme peserta sudah sangat beragam dan generasi muda sudah ikut serta. Hal ini menunjukkan bahwa keroncong sudah masuk ke generasi muda. Harapan kita dalam lomba ini tidak hanya menghasilkan pemenang, tapi keroncong bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi industri," katanya.

Adapun sejumlah pemenang yang memperoleh penghargaan dalam lomba itu yakni juara harapan 3 Keroncong Biru; juara harapan 2 Komunitas Keroncong Anak Jombang (KKAJ); serta juara harapan 1 Keroncong Side of X. Sementara untuk Juara 3, Keroncong Malang Utara; juara 2 Kir Brothers; dan juara 1 Dapur Musik.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Pelindungan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Irini Dewi Wanti.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Streaming Starjoja FM
alt

Bupati Pemalang Kena OTT KPK, Ganjar Bilang Begini...

News
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Hidden Gems, Curug Silawe di Magelang yang Mempesona

Wisata
| Jum'at, 12 Agustus 2022, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement