Advertisement

Puluhan Pohon Tumbang akibat Hujan Badai di Kulonprogo 

Anisatul Umah
Kamis, 09 Juni 2022 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
Puluhan Pohon Tumbang akibat Hujan Badai di Kulonprogo  Pohon tumbang akibat angin kencang. - Istimewa/PMI Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hujan deras disertai angin kencang pada Rabu (8/6/2022) sore menyebabkan puluhan pohon tumbang dan menimpa rumah warga di Kulonprogo. 

Staf Humas PMI Kabupaten Kulonprogo, Wisnu Rangga mengatakan dinding rumah warga ada yang ambrol akibat tertimpa pohon. 

Advertisement

BACA JUGA: Mengenal Dalang Cilik Asal Gunungkidul yang Dianggap Mirip Ki Seno Nugroho

Menurutnya ada sembilan titik pohon tumbang di Sigran, Kalurahan Tirtorahayu, Kapanewon Galur. Lalu tiga titik di Bumirejo, Kapanewon Lendah. Di jalur utama Jogahan Bumirejo terjadi pohon tumbang di jalur utama dan menimpa kabel listrik. 

"Angin memang cukup kencang di sekitar Kapanewon Lendah, Galur sekitar satu jam. Laporan bencana yang masuk ke PMI  Kulonprogo langsung ditangani oleh relawan PMI," ungkapnya kepada Harian Jogja, Kamis (9/6/2022).  

Wisnu menyebut pohon tumbang yang menimpa kabel listrik sangat berat. Sehingga untuk menanganinya relawan PMI melakukan kolaborasi dengan dengan Komunitas Jeep 4x4 rescue. Pembersihan lokasi dilakukan dengan menggunakan derek elektrik portable yang terpasang di bumper-bumper armada off road mereka.

"PMI Kulonprogo menerjunkan 3 armada dan 15 personel untuk melakukan penanganan di lokasi bersama dengan BPBD Kulonprogo," jelasnya. 

Dia mengatakan PMI Kulonprogo sudah menyiapkan tim untuk bersiaga. Sehingga saat ada laporan masuk langsung turun ke lapangan dan melakukan evakuasi. Serta melakukan koordinasi kepada instansi terkait yang terdampak bencana seperti BPBD. 

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Joko Satyo Agus Nahrowi mengatakan petir juga menyambar jaringan listrik di Pusdalops BPBD sehingga Pusdalops saat ini lumpuh. 

"Hujan disertai angin terjadi di wilayah Lendah dan Galur hingga banyak pohon tumbang menutup jalan dan menimpa rumah," tuturnya. 

BACA JUGA: Naik Level, UGM Tempati Peringkat 231 pada QS World University Ranking

BPBD Kulonprogo menghimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berlindung di bawah bangunan yang aman saat terjadi hujan badai disertai petir. Juga memperhatikan sekitar rumah jika ada pohon yang berpotensi tumbang dan menimpa rumah. 

"Segera potong atau pangkas dahan dan rantingnya untuk mengurangi risiko roboh," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemudahan Keimigrasian bagi Jemaah Calon Haji Segera Hadir di Solo dan Surabaya

News
| Rabu, 28 Februari 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement