Advertisement

Ada JJLS, 2 Pos Retribusi Menuju Pantai di Gunungkidul Dipindah

Budi Cahyana
Minggu, 12 Juni 2022 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
Ada JJLS, 2 Pos Retribusi Menuju Pantai di Gunungkidul Dipindah Pengendara motor saat akan masuk pantai melalui Pos TPR Pulegundes di Kalurahan Sidoharjo, Tepus, Rabu (8/6/2022). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata Gunungkidul memindah dua pos tempat pemungutan retribusi (TPR) di kawasan pantai. Pemindahan dilakukan karena pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Muhammad Arif Aldian, mengatakan sudah melakukan kajian dan akan memindah dua pos TPR. Keduanya adalah Pos Tepus dan Pulegundhes.

BACA JUGA: Survei BI: Kelas Menengah Kurangi Tabungan, Tambah Pengeluaran

Menurut dia, alasan pemindahan erat kaitannya dengan pembangunan JJLS. Terlebih lagi, pos TPR lama berada sebelum JJLS sehingga perlu dipindahkan agar tidak mengganggu jalan dan lainnya.

“Sudah mulai dipindahkan dan letak TPR baru berada sesudah JJLS,” katanya, Minggu (12/6/2022).

Sebagai contoh, TPR Tepus dibangun di dekat Pantai Indrayanti dan Pos Pulegundes dibangun sebelum pertigaan menuju Pantai Ngandong.

Sementara, Pos TPR di selatan Baron atau yang dikenal Pos JJLS tidak akan dipindah. Hal ini karena jalur tersebut bukan. “Ada perpindahan rute JJLS dan yang baru dibangun sebelum TPR Baron. Jadi, untuk TPR Baron 2 [JJLS] tidak perlu dipindahkan,” katanya.

Menurut dia, pemindahan TPR lainnya belum direncanakan dan masih menunggu kajian. 

Selain menggeser dua TPR, dinas pariwisata juga membangun satu TPR baru menuju Pantai Poktunggal. Aldian mengatakan pos baru dibangun juga sebagai dampak JJLS. “Sebelum ada JJLS, TPR Tepus melayani pembelian untuk kunjungan ke Poktunggal. Tapi setelah ada harus dipisah karena jalurnya berbeda sehingga butuh TPR menuju Poktunggal,” katanya.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pacitan & Dirasakan Sampai Gunungkidul, Ini Penjelasan BMKG

Advertisement

Lurah Tepus, Hendro Pratopo, mengatakan TPR Tepus sudah mulai dipindah karena pos yang lama tepat berada di tengah-tengah pembangunan JJLS. “Sudah mulai dibangun dan lebih mendekat ke Pantai Indrayanti,” katanya.

Topo berharap JJLS dapat meningkatkan kunjungan wisata. “Yang penting wisatawan bisa masuk lewat Tepus karena selama ini hanya sebagai pintu keluar,” katanya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kena Covid, Korea Utara Salahkan Balon Udara dari Korea Selatan

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 16:27 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement