Advertisement

PPP DIY Anggap Anies Baswedan Layak Jadi Capres

Ujang Hasanudin
Senin, 13 Juni 2022 - 18:27 WIB
Bhekti Suryani
PPP DIY Anggap Anies Baswedan Layak Jadi Capres

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk mengusung calon presiden (Capres) pada pemilu 2024, bahkan ketiga partai tersebut sudah menggelar silaturahmi nasional, beberapa waktu lalu. Meski KIB belum menyebut nama calon presiden (Capres) yang akan diusung dalam pemilu 2024, namun PPP DIY menyebut Anies Baswedan layak sebagai capres.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP DIY, Muhammad Yazid mengatakan sampai saat ini KIB ditingkat pusat belum menyebut nama capres dan cawapres yang bakal diusung oleh KIB dalam pemilu 2024. Demikian di daerah juga belum karena saat ini ketiga partai yang tergabung dalam KIB masih sebatas menyamakan persepsi dan visi misi.

“Jadi kita tetap berpegang teguh apa yang disampaikan DPP. Sekarang ini baru tahapan penyamaan persepsi dan visi misi, untuk bakal capres dan cawapres belum ada sama sekali, DPP berani jamin. Saya akan patuh dengan DPP, saya juga belum bisa menyebut,” kata Yazid, disela-sela acara pelantikan dan penyerahan SK pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) PPP tingkat kapanewon se-Bantul di Omah Kampung, Bantul, Minggu (12/6/2022) malam.

BACA JUGA: Konser di Sebuah Mal di Jogja Berujung Ricuh, 11 Orang Terluka

Namun demikian, jika ia diperbolehkan menyebut nama, Anies Baswedan nama pertama yang diusulkan sebagai capres dari PPP DIY, “Tapi kalau DPP memutuskan Mas Anies dengan yang lain atau bukan Mas Anies pun saya yakin DPP punya pertimbangan matang. Keputusan DPP kami juga sami’na wa’atona [patuh dan mengikuti],” ujar Yazid.

Yazid mengatakan PPP DIY pernah mengundang Anies Baswedan dalam Hari Ulang Tahun (Harlah) PPP pada akhir Januari lalu di Jogja Expo Center (JEC). Karena ia menilai Gubernur DKI Jakarta itu layak sebagai capres, “DIY pernah mengundang Mas Anies karena kami menganggap Mas Anies ini cukup layak [capres],” katanya. Namun ia menegaskan KIB belum menyebut nama calpres dan cawapres sehingga pihaknya akan patuh dengan keputusan DPP.

Lebih lanjut Yazid mengatakan saat ini PPP DIY sedang melakukan konolidasi dan pembentukan PAC, pimpinan ranting tingkat kalurahan dan anak ranting tingkat perdukuhan di kabupaten dan kota di DIY. Ia mengapresiasi PPP Bantul yang sudah membentuk PAC 100% dan ranting 80%. Selanjutnya ia meminta untuk membentuk pengurus anak ranting di tingkat perdukuhan.

Bersamaan dengan pembentukan kepengurusan sampai anak ranting, pihaknya juga sudah membuka pencalegan. Yazid mengaku sudah ada yang mendaftar untuk menjadi calon anggota legislatif di kabupaten dan kota untuk pemilu 2024. Selain banyak yang mendaftar pihaknya juga akan melakukan rekrutmen bakal caleg yang memiliki elektabilitas tinggi, “Nanti akan kita seleksi semuanya,” ucap Yazid.

Ketua DPC PPP Bantul, Eko Sutrisno Aji memastikan PPP Bantul solid, tidak ada lagi dualisme pekengurusan maupun organisasi sayap partai sehingga pihaknya optimistis dalam menghadapi pemilu 2024, bahkan pihaknya menargetkan dapat meraih enam kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Pada 2024 targetkan satu dapil satu kursi, namun target minimal mengembalikan dua kursi, kembali menjadi empat kursi seperti dulu atau satu fraksi,” kata Eko.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement