Advertisement

BMKG: DIY Waspada Dampak Hujan Lebat!

Newswire
Selasa, 14 Juni 2022 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
BMKG: DIY Waspada Dampak Hujan Lebat! Hujan lebat dan angin kencang di Kota Jogja. - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan turun di wilayah sejumlah provinsi di Indonesia dengan intensitas lebat sampai yang lebih ringan serta dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir pada hari ini, Selasa (14/6/2022). DIY termasuk daerah yang masuk kategori waspada dampak hujan lebat.

Dalam peringatan dini cuaca BMKG yang diakses dari Jakarta, Selasa, potensi hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur.

Hujan lebat juga berpotensi terjadi di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan terjadi di Riau, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur. Sementara Kalimantan Utara dapat mengalami angin kencang pada hari ini.

Baca juga: Kemarin Hujan Angin hingga Beringin Ambruk, Cuaca Jogja Hari Ini?

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan petir berpotensi turun di Jakarta Barat pada siang hari, dan hujan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Jakarta Selatan serta Jakarta Timur pada rentang waktu yang sama.

Sementara itu, hujan ringan dapat terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari serta Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari.

BMKG memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.

Kategori waspada juga berlaku pada hari ini untuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Erick Thohir: Rasio Utang BUMN Turun Jadi 35 Persen

News
| Selasa, 05 Juli 2022, 04:47 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement