Advertisement

Gelar Karya Siswa Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja SMK Muhammadiyah Wonosari

Media Digital
Selasa, 14 Juni 2022 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Gelar Karya Siswa Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja SMK Muhammadiyah Wonosari SMK Muhammadiyah Wonosari sebagai SMK Pusat Keunggulan memiliki salah satu pembelajaran yang berbeda dengan SMK lainnya, yaitu Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja atau yang disebut P5BK.

Advertisement

GUNUNGKIDUL—SMK Muhammadiyah Wonosari sebagai SMK Pusat Keunggulan memiliki salah satu pembelajaran yang berbeda dengan SMK lainnya, yaitu Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja atau yang disebut P5BK.

Pembelajaran P5BK untuk kelas X selama satu tahun ini mengusung tema Kebekerjaan, Budaya Kerja,  Kearifan lokal dan bangunlah jiwa raganya. Pada setiap tema pembelajaran diawali dengan apersepsi dan diakhiri refleksi diri. Semua proses mulai dari apersepsi, proses belajar sampai refleksi dituangkan dalam jurnal siswa.

Semester ini pembelajaran P5BK di akhiri dengan tema Bangunlah Jiwa Raganya. Puncak rangkaian project dari tema tersebut yaitu Gelar Karya sebagai aksi nyata gerakan anti perundungan. Gelar karya ini menampilkan beberapa kegiatan yaitu live music, cipta baca puisi dan drama. Sebelum pentas siswa yang tergabung dalam tim jurnalis melakukan distribusi 1000 buletin Sapa Kanada dengan topik “Tak Ada Tempat Untuk Bully”. Selain itu di gelar hasil karya siswa berupa poster, puisi, mading, dan pohon mimpi pada gallery walk.

Project ini dari mulai perencanaan, persiapan, dan penampilan serta evaluasi dilakukan oleh siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Wonosari. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan ekosistem berpikiran terbuka, senang mempelajari hal baru dan kolaboratif. Harapannya dengan pembelajaran ini siswa dapat memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga dunia yang aktif, mengembangkan keterampilan, sikap, dan pengetahuan, melatih kemampuan pemecahan masalah dan tanggung jawab serta kepedulian terhadap isu di sekitar mereka sebagai salah satu bentuk hasil belajar.

Pada acara tersebut Sekolah juga memberikan apresiasi atas hasil project terbaik untuk beberapa kategori. Kategorinya antara lain terfavorit, terkreatif, terimajinatif, terkompak, terinspiratif dan terheboh. (ADV)

 

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Top 7 News Harianjogja.com 2 Juli 2022

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musim Liburan, Begini Kondisi Kasus Covid-19 di DIY

News
| Sabtu, 02 Juli 2022, 20:57 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement