Advertisement

Kabar Baik! Dishub DIY Berencana Gratiskan Pelajar Naik Trans Jogja

Media Digital
Rabu, 15 Juni 2022 - 10:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kabar Baik! Dishub DIY Berencana Gratiskan Pelajar Naik Trans Jogja Kepala Bidang Angkutan Dishub DIY Sumariyoto. - Ist

Advertisement

JOGJA-Dinas Perhubungan (Dishub) DIY berencana menggratiskan layanan transportasi bus Trans Jogja bagi para pelajar. Harapannya dengan kebijakan baru tersebut kemacetan lalu lintas di DIY bisa terkurangi.

Kepala Bidang Angkutan Dishub DIY Sumariyoto menjelaskan sebetulnya keberpihakan Dishub DIY khususnya bagi para pelajar telah dilakukan sejak bus Trans Jogja mulai beroperasi, tahun 2008. Sejak awal Dishub telah mengeluarkan tiga jenis kartu yaitu student card, regular trip serta singgle trip.

Advertisement

"Untuk tarifnya student card ataupun kartu pelajar paling murah yaitu Rp1.800, untuk regular trip atau yang berlangganan senilai Rp2.800, dan singgle trip atau kartu sekali jalan Rp3.500," terangnya dalam rilis yang diterima Harianjoga.com, Rabu (15/6/2022). 

Program tersebut kemudian berkembang dengan model pelayanan e-money bekerjasama dengan empat bank, yaitu BRI, BCA, BNI dan Mandiri. Saat ini berkembang lagi melalui pembayaran Ovo dan link pembayaran digital lainnya.

Baca juga: Naik TransJogja Cuma Bayar Rp1, Mau Coba?

Menurut Sumariyoto jumlah penumpang terbanyak menggunakan singgle trip, ada sekitar 80%. Sementara untuk penumpang pengguna stundent card hanya 3%. "Dulu sebelum pandemi cukup banyak, namun selama pandemi ini hanya berkisar 3%, semoga jika keadaan telah normal kembali akan mengalami peningkatan," tuturnya.

Karena itu untuk menarik minat pelajar menggunakan transportasi bus Trans Jogja, maka sesuai rencana pada pertengahan bulan Juli 2022 tidak dikenakan tarif. "Nol rupiah dengan syarat bagi pengguna student card," jelasnya.

Selain menggratiskan tarif bagi pelajar, Dishub DIY juga akan melakukan redesaign penataan halte dan jalur maupun rute. "Untuk halte akan kita redesign di semua kawasan. Untuk rute akan kita perpendek, karena rute yang ada saat ini telalu muter-muter," tandas dia. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement