Advertisement

Ratusan Calon Haji Kulonprogo Diberangkatkan, Usia 51-65 Tahun Mendominasi

Arief Junianto
Kamis, 16 Juni 2022 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Ratusan Calon Haji Kulonprogo Diberangkatkan, Usia 51-65 Tahun Mendominasi Jemaah calon haji Kulonprogo sebelum diberangkatkan, Kamis (16/6/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 110 jemaah calon haji asal Kabupaten Kulonprogo siap diberangkatkan menuju ke Tanah Suci.

Berdasarkan data dari Kementerian Agama (Kemenag) Kulonprogo, jumlah calon haji terbanyak dari Kulonprogo adalah berasal dari rentang usia 51-65 tahun dengan jumlah mencapai 89 orang. 

Advertisement

Secara detail, jumlah calon haji Kulonprogo berdasarkan rentang usia adalah dua orang untuk rentang usia 21-30 tahun; tiga orang dari rentang usia 31-40 tahun; 17 orang dari rentang usia 41-50 tahun; 62 orang dari rentang usia 51-60 tahun; dan 27 orang dari rentang usia 61-65 tahun.

BACA JUGA: BPD DIY Renovasi 18 Rumah Tidak Layak Huni

Kepala Kantor (Kemenag) Kulonprogo, Wahib Jamil menyampaikan ratusan jemaah calon haji itu diberangkatkan dari Kulonprogo menuju Asrama Haji Donohudan pada Kamis (16/6/2022) siang. Selanjutnya, mereka akan diterbangkan menuju Tanah Suci pada Jumat (17/6/2022).

"Sebenarnya total jemaah calon haji kami ada 111 orang yang terdiri dari 48 laki-laki dan 63 perempuan. Namun yang satu orang tercatat mutasi mengikuti keberangkatan dari Temanggung, Jawa Tengah," kata dia melalui rilis, Kamis.

Nantinya, jemaah calon haji dari Bumi Binangun akan tergabung pada Kelompok Terbang (Kloter) 20 SOC. Mereka bergabung bersama jemaah dari Kota Jogja dan Kabupaten Bantul.

BACA JUGA: Kuota Full, Kulonprogo Tambah 1 Kelas Olahraga di SMP 3 Samigaluh

Sementara itu Pj. Bupati, Tri Saktiyana dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Kulonprogo, Astungkoro menyampaikan bahwa haji adalah panggilan kehormatan dari Allah SWT.

“Haji merupakan Rukun Islam kelima. Panggilan ini merupakaan kehormatan. Dengan rasa suka cita dan bahagia kami ucapkan selamat atas akan diberangkatkannya jamaah haji ke Asrama Haji Donohudan dan dilanjutkan ke Tanah Suci,” tuturnya.

“Patut disyukuri, karena tahun sebelumya batal. Semua untuk keselamatan dan kesehatan jamaah haji. Kami mohon semua jamaah tetap berhati-hati. Karena hingga saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan informasinya ada varian baru lagi yang penyebarannya lebih cepat. Semoga semua jemaah dapat melaksanakan rukun, wajib dan sunahnya, sehingga dapat kembali pulang ke Tanah Air dalam keadaan sehat dan selamat serta menjadi haji yang mabrur,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Desa Bersih Narkoba Bisa Menggunakan Dana Desa

News
| Selasa, 23 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement