Advertisement

Nonton Yuk! Ada Kompetisi Berselancar Nasional di Parangtritis

Ujang Hasanudin
Jum'at, 17 Juni 2022 - 16:57 WIB
Bhekti Suryani
Nonton Yuk! Ada Kompetisi Berselancar Nasional di Parangtritis Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Kompetisi berselancar atau surfing tingkat nasional akan digelar di Pantai Parangtritis Bantul pada Sabtu-Minggu (18-19/6/2022) ini. Panitia menyebut sudah ada 100 peserta yang akan mengikuti lomba bertajuk SAR Satlinmas Parangtritis National Surfing Competition untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SAR Satlinmas ke-60 dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 72 ini.

Ketua Panitia sekaligus Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis, Arief Nugraha mengatakan Parangtritis memiliki potensi untuk olahraga berselancar atau surfing, namun selama ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, “Makanya kita perkenalkan terus bahwa Parangtritis aman untuk berselancar,” kata Arief, saat dihubungi Jumat (17/6/2022).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Kompetisi berselancar tingkat nasional ini diakui Arief sudah digelar ketiga kalinya. Sebelumnya pada 2017 dan 2019 kompetisi yang sama juga sudah digelar. Kompetisi ketiga ini rencana awal digelar pada 2021 namun karena kondisi pandemi Covid-19 sehingga tertunda dan baru bisa dilaksanakan tahun ini.

BACA JUGA: Muncul 3 Nama Capres versi Nasdem. Siapa Mereka?

Menurut Arief, seharunya acara ini digelar pada April lalu, tapi karena puasa maka pihaknya baru bisa menggelar pada 18-19 Juni 2022 ini. Selain karena puasa, pihaknya menunggu ombak tinggi, yang kebetulan saat ini gelombang laut sedang tinggi-tingginya, “Surfing cenderung ke ombak yang besar. Sebenarnya bisa sewaktu-waktu, tapi kalau untuk nyari gelombang yang bagus ya seperti saat-saat ini,” ujarnya.

Ia mencatat sudah ada lebih dari 100 peserta yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi berselancar tersebut dari berbagai daerah, di antaranya dari Bali, Banyuwangi, Jember, Pacitan, Serang, dan Pangandaran.

Arief berharap adanya kompetisi berselancar nasional ini bisa lebih mengenalkan kembali bahwa Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai yang aman untuk olahraga berselancar. Selain itu juga untuk mencari bibit-bibit altet surfing, khususnya di Bantul yang memiliki potensi atlet surfing. Terbukti ada atlet dari Bantul yang berprestasi pada pertandingan ekshibisi PON Papua tahun lalu.

Tidak hanya untuk olahraga, namun berselancar di Pantai Parangtritis juga bisa digunakan untuk menolong korban yang terbawa arus ke tengah laut. Sejak lama SAR Satlinmas Wilayah III mendapatkan papan berselancar dan itu sudah digunakan untuk berlatih bagi teman-teman SAR dan terbukti bisa digunakan untuk menolong korban terbawa arus laut.

Advertisement

“Ternyata penyelamatan korban menggunakan papan surfing lebih efisien dari pada menggunakan alat yang lain. Alat surfing tersebut adalah alat untuk membantu evakuasi korban,” katanya.

Lebih lanjut Arief mengatakan lomba berselancar tingkat nasional ini gratis dan berhadiah total Rp20 juta bagi peserta yang beruntung. Dalam event ini pihaknya juga menggandeng Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) DIY untuk mengatur regulasi, mekanisme lomba hingga penjuriannya.

Humas PSOI DIY, Ivan Galang mengatakan kompetisi berselancar tingkat nasional di Parangtritis ini akan dibagi menjadi tiga kelas, yakni Open Division, Women Division dan Local Division. Pihaknya mengapresiasi SAR Satlinmas yang menggelar lomba berselancar tingkat nasional karena bisa menjadi wadah untuk pembibitan atlet berselancar. Selain itu juga bisa mengenalkan olahraga berselancar yang belum banyak dikenal.

Advertisement

“Dalam PON kemarin saja masih tahap ekshibisi. Dan dengan adanya surfing di sini akan memunculkan atlet harapan khususnya Bantul dan DIY pada umumnya,” kata Ivan.

Menurutnya, potensi atlet berselancar dari Bantul cukup besar karena mereka sudah memiliki fasilitas papan untuk berlatih dan tentu saja ombak dari Pantai Parangtritis yang mendukung sehingga harapannya akan semakin banyak muncul atlet dari Bantul yang berlaga di kejuaraan tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Nilai Taruhan Piala Dunia 2022 Naik Jadi Rp550 Triliun karena Musim Dingin

News
| Rabu, 30 November 2022, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Masangin Alkid, Tembus Dua Beringin Bakal Bernasib Mujur

Wisata
| Selasa, 29 November 2022, 15:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement