Advertisement

Kunjungi JNM, Presiden Kagumi Karya Seniman

Arief Junianto
Sabtu, 18 Juni 2022 - 03:27 WIB
Arief Junianto
Kunjungi JNM, Presiden Kagumi Karya Seniman Presiden Jerman Frank Walter Steinmeier melakukan kunjungan ke Jogja National Museum (JNM) Kota Jogja pada Jumat (17/6/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Presiden Jerman, Frank Walter Steinmeier melakukan kunjungan ke Jogja National Museum (JNM) Kota Jogja pada Jumat (17/6/2022) sore seusai bertemu dengan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Steinmeier mengapresiasi karya para seniman.

Steinmeier mengungkapkan Pemerintah Jerman memberikan dukungan penuh terhadap aktivitas seni di Jogja. Ada banyak alasan Jerman memberikan dukungan tersebut, termasuk banyaknya kreativitas para seniman yang sudah berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Negara Eropa Dekati Indonesia Minta Batu Bara

Pemerintah Jerman mendanai pembangunan pusat kreativitas seni yang berbasis ekologi, ekonomi sirkular, seni dan budaya yang berada di sekitar kawasan TPST Piyungan. Steinmeier berharap Pemda DIY memberikan dukungan terkait rencana yang dilakukan para seniman tersebut.

"Terkait kesenian yang ada di sini kami berikan dukungan. Tentu saja [karena] ini sesuatu karya yang bagus dan juga bisa mendapat dukungan dari pemerintah daerah," katanya saat meninjau Pameran Antroposen di JNM, Jumat petang.

Ia menilai para seniman di Jogja mampu menggabungkan teknologi modern yang menyatu dengan kesenian bahkan peka terhadap isu yang berkembang di Indonesia.

"Seniman di sini mampu menggabungkan teknologi modern yang menyatu dengan kesenian. Bahkan kreativitas seni yang dibuat oleh para seniman peka kepada isu-isu yang terjadi di Indonesia," katanya.

Dia mengatakan kunjungannya ke Indonesia kali ini untuk merayakan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Ketika bertemu dengan Presiden Joko Widodo maupun Sri Sultan HB X membicarakan banyak hal.

"Saya di sini tentunya tidak hanya untuk menjalin hubungan dan membicarakan soal politik. Namun juga upaya Indonesia di bidang lingkungan hidup, iklim, dan energi," ucapnya.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogja Macet, Berkah bagi Pedagang

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Unggahan JKT48 Dilecehkan di Mal Solo, Gibran Geram

News
| Minggu, 03 Juli 2022, 23:07 WIB

Advertisement

alt

7 Makanan Indonesia Favorit Dunia

Wisata
| Sabtu, 02 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement