Advertisement

Sasar Pelancong Kota Gudeg, Pelita Air Tambah Rute Jakarta-Jogja

Catur Dwi Janati
Senin, 20 Juni 2022 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Sasar Pelancong Kota Gudeg, Pelita Air Tambah Rute Jakarta-Jogja Seremoni penerbangan perdana Pelita Air rute Jakarta - Jogja - Jakarta pada Senin (20/6/2022) di YIA. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Maskapai Pelita Air resmi membuka penerbangan rute baru Jakarta - Jogja - Jakarta mulai pekan ini dengan jadwal keberangkatan pukul 06.40 WIB dari Soekarno Hatta dan tiba pada pukul 07.55 WIB di Yogyakarta International Airport (YIA).

Mengudara di kelas medium, Pelita Air bakal menyasar wisatawan Kota Gudeg dan menjadi alternatif transportasi udara di tengah tingginya lonjakan penumpang pesawat di Jogja.

Direktur Utama PT Pelita Air Service, Dendy Kurniawan, mengatakan rute Jakarta - Jogja menjadi destinasi kedua Pelita Air setelah rute Jakarta - Denpasar yang telah dibuka beberapa waktu sebelumnya. Dalam operasinya, Pelita Air akan melakoni perjalanan Jakarta - Jogja setiap satu kali dalam sehari dan tujuh kali dalam sepekan.

BACA JUGA: Mantan Striker Timnas, Jhonny van Beukering Kini Jadi Satpam Klub Striptis

“Sekarang animo masyarakat dan permintaan untuk melakukan air travelling sudah sangat luar biasa. Lebih cepat daripada yang mungkin semua orang perkirakan,” tuturnya saat Inagural Flight Ceremony Pelita Air di YIA, Senin (20/6/2022).

Jogja dipilih sebagai rute kedua Pelita Air karena berbagai sebab, salah satunya dari aspek parwisata. Menurut Dendy, Jogja merupakan destinasi utama di Indonesia bersama Bali. Berdasarkan traffic, Bali dan Jogja menjadi destinasi wisata yang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Selain pariwisata, Jogja yang menjadi salah satu tuan rumah G20 juga menjadi alasan dibukanya rute Jakarta - Jogja.

Menggunakan pesawat Airbus A320-200 dengan kapasitas 180 tempat duduk kelas ekonomi atau silver class, Pelita Air rute Jakarta - Jogja - Jakarta masuk dalam penerbangan terjadwal atau regular flight. Pelita Air kelas medium service hanya boleh menjual tiket 90% dari batas atas. “Sengaja kami launching di saat season yang paling-paling ditunggu yaitu masa liburan sekolah,” ujarnya

Rencananya, Pelita Air bakal menambah rute penerbangannya ke kota-kota lainnya. “Sekarang untuk dua tiga bulan ke depan fokus ke Bali dan Jogja dulu,” terangnya.

Wakil Gubernur DIY, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, yang membacakan sambutan Gubernur DIY menyampaikan hadirnya Pelita Air di DIY diharapkan menjadi alternatif transportasi udara bagi masyarakat.

Advertisement

“Kini masyarakat memiliki alternatif pilihan penerbangan dan mendapatkan kesempatan untuk terbang dengan lebih nyaman dan harga yang terjangkau. Saya meyakini bahwa transportasi udara dapat menjadi salah satu soslusi pembangunan ekosistem transportasi di DIY,” ucap dia.

BACA JUGA: Mantap! Grup Kasidah asal Semarang Nasida Ria Manggung di Jerman, Bawakan Lagu Perdamaian

General Manager YIA Agus Pandu Purnama menuturkan penambahan maskapai ini baik untuk YIA. Menurutnya selama ini animo masyarakat untuk menggunakan pesawat udara cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang bahkan mencari tiket saja sulit.

Advertisement

“Kalau weekend rata-rata di atas 10.000 [penumpang], kalau weekday ini paling rendah 7.000 kadang bisa 8.000. Kalau dibandingkan selama pandemi memang jauh. Kenaikannya hampir 80 persen,” kata dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Disdikbud Jateng Akan Kembalikan Hak Calon Peserta Didik yang Dirugikan

News
| Kamis, 07 Juli 2022, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Girls, Ini Tips Solo Travelling untuk Anda

Wisata
| Selasa, 05 Juli 2022, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement