Advertisement

Guru Konsorsium Yayasan Mulia Antusias Ikut Pelatihan Menulis, Waktu 3 Jam Kurang

Triyo Handoko
Kamis, 23 Juni 2022 - 16:32 WIB
Galih Eko Kurniawan
Guru Konsorsium Yayasan Mulia Antusias Ikut Pelatihan Menulis, Waktu 3 Jam Kurang Pelatihan menulis guru Konsorsium Yayasan Mulia bersama Harian Jogja, Kamis (23/6/2022). - Harian Jogja/Wisnu Wardhana

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Konsorsium Yayasan Mulia yang membawahkan sejumlah sekolah di Jogja meliputi TK Islam Terpadu Muadz bin Jabal, SD Islam Terpadu Luqman Al-Hakim, SMP Islam Terpadu Abu Bakar, dan SMA Islam Terpadu Abu bakar menyelenggarakan pelatihan menulis untuk guru-gurunya. Diikuti 24 guru, pelatihan tersebut bertujuan untuk melatih dan memotivasi para guru untuk bisa menulis di media massa.

Ketua BPH Konsorsium Yayasan Mulia Ahmad Burhani yang membuka pelatihan tersebut menyampaikan menulis adalah keterampilan penting. “Guru harus memiliki keterampilan menulis untuk menyebarluaskan gagasannya,” ujarnya, Kamis (23/6/2022).

BACA JUGA: Punya Naskah Buku Siap Terbit? Perpusnas Siap Terbitkan secara Cuma-Cuma

Burhani menjelaskan dengan menulis, sebuah gagasan dapat dibaca dan menjangkau orang banyak. “Berbeda dengan hanya berbicara yang akan selesai pada pendengarnya saja, menulis bisa lebih tahan lama menemui pembacanya,” katanya.

Konsorsium Yayasan Mulia mengajak gurunya agar giat dalam menulis terutama di media massa.

Ketua Panitia Pelatihan Muhammad Yunardi menyebut guru-guru di Konsorsium Yayasan Mulia memiliki minat yang tinggi pada dunia kepenulisan. “Kami juga punya majalah sendiri yang disirkulasikan di internal, guru-guru itu yang membuatnya,” ujarnya.

Pelatihan tersebut juga untuk memupuk semangat dan motivasi guru untuk menulis di tempat lain yang bisa diakses publik luas. “Kami berharap mereka bisa menulis di media massa setelah pelatihan ini, selain untuk menyebarkan gagasan juga untuk memperkenalkan sekolah dibawah Konsorsium Yayasan Mulia,” jelasnya.

Yunardi berharap dengan pelatihan tersebut, guru-guru di Konsorsium Yayasan Mulia juga tambah wawasannya terkait kepenulisan. “Wawasan tambahan tersebut juga pasti jadi modal penting yang bisa turut disampaikan ke siswa-siswa kami,” kata dia.

BACA JUGA: Profil Michael Krmencik, Striker Langganan Timnas Republik Cheska yang Jadi Pemain Anyar Persija

Pelatihan ini menghadirkan redaktur Harian Jogja Budi Cahyana sebagai narasumber. Para peserta antusias mengikuti pelatihan selama tiga jam. Setengah jam pertama digunakan narasumber untuk menyampaikan materi berupa pengetahuan dasar kepenulisan dan trik menulis opini yang bisa dimuat di media massa. Satu jam berikutnya diisi dengan diskusi antara narasumber dan peserta, sementara satu setengah jam tersisa digunakan guru-guru untuk berlatih menulis opini dan evaluasi dari narasumber.

Advertisement

Waktu tiga jam tidak cukup untuk pelatihan ini karena setelah pelatihan berakhir, sejumlah guru masih berdiskusi tentang kepenulisan dengan narasumber.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Total 11 Wajib Pajak Crazy Rich Ikut Program Pengungkapan Sukarela

News
| Jum'at, 01 Juli 2022, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Dieng Culture Festival 2022 Digelar September 2022

Wisata
| Jum'at, 01 Juli 2022, 14:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement